Sukses

Prediksi Portugal Vs Kroasia: Tantangan Berat Sang Juara Bertahan

Portugal merebut gelar UEFA Nations League usai mengalahkan Belanda di final tahun lalu. Kroasia tak terkalahkan dalam enam pertandingan kompetitif terakhir

Liputan6.com, Jakarta Juara bertahan Portugal harus meladeni tantangan Kroasia pada laga pertama mereka di UEFA Nations League A 2020/21 Grup 3, Sabtu malam atau Minggu dinihari WIB (6/9/2020) di Estadio do Dragao, Porto. Portugal merebut gelar di ajang ini usai mengalahkan Belanda di final tahun lalu.

Portugal dan Kroasia tentu saja sama-sama menginginkan kemenangan pada pertandingan nanti. Meski sebenarnya fokus utamanya adalah mempersiapkan untuk Piala Eropa musim panas mendatang, tetapi mereka masih ingin membuat kesan lain dalam kompetisi ini.

Portugal lolos ke Piala Eropa setelah menempati posisi kedua di Grup B. Seperti diketahui Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan adalah juara bertahan, setelah mengalahkan Prancis di final 2016.

Sebenarnya, catatan Portugal sebelumnya cukup mengesankan. Pasukan Fernando Santos telah memenangkan tujuh dari delapan pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, termasuk kemenangan tandang 2-0 ke Luksemburg pada pertandingan terakhir mereka pada November 2019.

Setelah jumpa Kroasia, Selecao akan melanjutkan kiprahnya di UEFA Nations League melawan Swedia pada 8 September mendatang. Selanjutnya, Portugal dijadwalkan untuk pertandingan persahabatan melawan Spanyol pada 7 Oktober.

Simak Video Timnas Portugal Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Terbaik

Sementara itu, Kroasia juga akan hadir di Kejuaraan Eropa musim panas mendatang, setelah finis di puncak Grup E. Mereka mengumpulkan 17 poin dari delapan pertandingan di babak kualifikasi.

Tak terkalahkan dalam enam pertandingan kompetitif terakhir, mereka juga akan memasuki pertandingan ini dalam performa yang baik.

3 dari 4 halaman

Penting

Jelang pertandingan, pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic, menegaskan bahwa UEFA Nations League penting. Tapi, ia juga ingin menekankan bahwa fokus utama negara itu adalah pada kualifikasi Piala Dunia mendatang dan Piala Eropa.

Kroasia, yang kalah empat dari lima pertandingan sebelumnya melawan Portugal, akan melanjutkan kiprah di UEFA Nations League di Prancis pada 8 September sebelum menghadapi Swedia pada 11 November.

4 dari 4 halaman

Pertahankan Gelar

Portugal tengah berusaha mempertahankan gelar yang mereka raih pada edisi pertama lalu. Tahun ini, Ronaldo dan kawan-kawan berada di grup C bersama, Prancis, Kroasia, dan Swedia.

Dua tahun lalu, Portugal secara tidak terduga berhasil keluar sebagai juara. Di final, pasukan Fernando Santos berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Manuel Guedes.

Ronaldo menjadi pemimpin tim Seleceo di lapangan. Di babak semifinal, pemain yang dijuluki CR7 tersebut meledak dan berhasil mencetak hattrick untuk membawa Portugal menang 3-1 atas Swiss.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.