Sukses

Deteksi Covid-19, Jonatan Christie Cs Jalani Swab Test

Swab test merupakan upaya PBSI dalam memastikan kondisi Jonatan Christie dan kawan-kawan terbebas dari virus yang tengah mewabah di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Jonatan Christie cs menjalani swab test guna mendeteksi Covid-19 di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (4/9/2020). Ini merupakan upaya PBSI dalam memastikan kondisi para atlet terbebas dari virus yang tengah mewabah di seluruh dunia tersebut.

Sebelumnya, PBSI sudah empat kali mengadakan rapid test berkala di lingkungan Pelatnas Cipayung mulai Maret hingga Juli. Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto mengatakan pihaknya bakal mengupayakan swab test berkala untuk terus memantau kondisi Jonatan Christie cs

"Kami ingin memastikan atlet-atlet pelatnas terbebas Covid-19," kata Budiarto dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

"PBSI memang secara kontinu mengadakan test. Setelah sebelumnya empat kali rapid test, yang kelima ini menggunakan swab test yang hasilnya lebih akurat."

"Swab test itu tidak murah, tapi diakui memang lebih akurat dari rapid test. Kami akan berusaha secara periodikal untuk melakukan swab test untuk memastikan atlet dalam kondisi terbaik," lanjut Budiharto.

Jonatan Christie yang mengikuti swab test, mengapresiasi langkah PBSI. Peraih medali emas tunggal putra Asian Games 2018 itu berharap ia dan semua teman-temannya terbebas dari Covid-19.

"Menurut saya, ini bagus supaya tahu kondisi atlet, terlepas apapun hasilnya. Semoga semua negatif. Kalaupun misalnya ada yang positif, bisa segera diambil tindakan medis, supaya bisa menahan penyebarannya. Saya berharap swab test bisa diadakan rutin,“ kata pemain tunggal putra ini.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Nyaman

Jonatan Christie mengaku tak nyaman saat menjalani proses swab test. Apalagi, ini adalah pengalaman pertamanya menjalani swab test.

"Rasanya nggak nyaman waktu di-swab hidung kiri dan kanan, kayaknya langsung ada yang naik ke kepala," paparnya.

"Swab di tenggorokan juga nggak nyaman, tapi yang di hidung lebih terasa. Tapi nggak apa-apa demi kesehatan dan keselamatan kita semua, bisa ditahan rasa nggak nyamannya kok," imbuhnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Persiapan Atlet

Swab test ini merupakan salah satu bentuk persiapan para atlet untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan selanjutnya. Berdasarkan jadwal yang dirilis BWF, turnamen yang akan dilangsungkan pada tahun ini adalah Piala Thomas dan Uber serta dua turnamen seri Eropa.

Turnamen tersebut akan dihelat di Denmark. Dilanjutkan dengan tiga turnamen seri Asia yang tuan rumahnya belum ditentukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.