Sukses

Bergulir Lagi, PT LIB Tiru Liga-liga Top Eropa 'Hadirkan' Penonton di Liga 1

Liga 1 2020 akan bergulir lagi pada 1 Oktober bulan depan tanpa penonton. Maklum, kompetisi bakal berlangsung di tengah pandemi virus corona covid-19 yang belum mereda.

Liputan6.com, Jakarta - Liga 1 2020 akan bergulir lagi pada 1 Oktober bulan depan tanpa penonton. Maklum, kompetisi bakal berlangsung di tengah pandemi virus corona covid-19 yang belum mereda.

Namun demikian, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 bertekad membuat atmosfer pertandingan tetap terjaga. Hal itu dikatakan Akhmad Hadian Lukita selalu Direktur Utama PT LIB dalam acara Corner Six bersama Liputan6.com, Jumat (4/9/2020) WIB.

"Kami sebagai operator ingin menampilkan sesuatu yang menarik. Kita sedang berpikir kreatif agar (pandemi, red) tidak mengurangi esensi pertandingan," katanya.

Akhmad mengatakan, beberapa cara sedang dijajaki PT LIB. Salah satunya adalah agar suara penonton yang menikmati pertandingan Liga 1 lewat televisi bisa terdengar di stadion.

Selain itu, PT LIB juga membuka kemungkinan meniru cara-cara di beberapa liga Eropa yang menghadirkan suara penonton artifisial. "Mudah-mudahan bisa menambah semangat pemain," katanya.

 

Saksikan Video Liga 1 di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Tanpa Penonton

Lebih lanjut, Akhmad menuturkan, PT LIB sebetulnya mendapat saran dari Kemenpora terkait penonton. Menurut Akhmad, Kemenpora menyarankan 30 persen dari kapasitas stadion terisi oleh penonton.

Namun Akhmad menilai saran itu sulit dilakukan saat ini. Hal itu mengingat animo penonton yang diprediksi bakal tinggi.

"Mereka kalau dikasih kuota 30 persen, akan datang 100 persen. Tiket kalau dijual sedikit akan protes. Tetapi kita akan lihat perkembangan ke depan seperti apa," katanya.

3 dari 4 halaman

Dipusatkan di Pulau Jawa

PT LIB sendiri bakal memusatkan Liga 1 2020 di pulau Jawa. Hal tersebut dilakukan demi mencegah penularan virus corona.

Tak hanya itu, klub-klub beserta para pemainnya juga diharap mematuhi prosedur kesehatan yang telah diterapkan. Sebagai langkah antisipasi, PT LIB berencana menyediakan dua bus untuk mengangkut satu tim di laga tandang.

"Karena lagi pandemi dua bis agar bisa physical distancing di dalam. Di dalam bus pun tidak boleh berdekatan dan disarankan medisnya untuk memantau kondisi pemain," kata Akhmad

4 dari 4 halaman

Disambut Baik

Selain Akhmad, hadir pula gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan dalam acara Corner Six. Ia mengaku senang mendengar kabar kompetisi bakal bergulir lagi.

"Setelah sekian lama vakum kami sebagai pemain sepak bola rasanya ingin bermain lagi. Rasanya excited dan senang bakal ada pertandingan lagi," kata Kim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.