Prediksi Belanda Vs Polandia: Menanti Aksi Finalis UEFA Nations League Tanpa Ronald Koeman

Oleh Defri Saefullah pada 04 Sep 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 04 Sep 2020, 09:00 WIB
Latihan Perdana Timnas Belanda Pasca Ditinggal Ronald Koeman ke Barcelona
Perbesar
Pemain Timnas Belanda, Owen Wijndal dan Perr Schuurs, menggiring bola saat sesi latihan jelang laga UEFA Nations League di Zeist, Belanda, Selasa (1/9/2020). Belanda akan berhadapan dengan Polandia. (Photo by Koen van Weel / ANP / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Belanda bakal memulai era baru tanpa Ronald Koeman saat melawan Polanda di fase grup UEFA Nations League di Johann Cruyff Arena, Sabtu (5/9/2020). Belanda tak akan mendapatkan sentuhan Ronald Koeman yang sudah hijrah ke Barcelona.

Belanda saat ini bakal ditangani asisten pelatih, Dwight Lodeweges yang sejak 2018 menemani Koeman di kursi kepalatihan Die Oranje, julukan Timnas Belanda. Lodeweges,pria asal Kanada, yang kenyang dengan karier kepelatihan dengan klub Belanda.

Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) cukup yakin untuk menyerahkan tampuk kepemimpinan sementara ke Lodeweges.

"Timnas Belanda akan memiliki masa depan yang cerah, itu yang saya yakini," kata Koeman soal Belanda pasca kepergiannya.

Lodeweges relatif tak susah lagi untuk meramu tim. Toh skuat yang ada sekarang mayoritas dihuni pemain yang juga mengantarkan Belanda lolos ke final UEFA Nations League 2019 lalu.

 

2 dari 5 halaman

Habis-Habisan

Latihan Perdana Timnas Belanda Pasca Ditinggal Ronald Koeman ke Barcelona
Perbesar
Pelatih interim, Timnas Belanda, Dwight Lodeweges, saat memimpin sesi latihan jelang laga UEFA Nations League di Zeist, Belanda, Selasa (1/9/2020). Belanda akan berhadapan dengan Polandia. (Photo by Koen van Weel / ANP / AFP)

Lodeweges yang akan memulai debutnya juga mengaku senang bisa melatih Belanda. Dia melihat antusiasme tinggi dari pemainnya menghadapi UEFA Nations League.

"Satu hal yang saya yakini, semua pemain antusias dan ingin bermain dengan benar. Semua pemain ingin memperlihatkan apa yang bisa mereka lakukan," ujarnya seperti dikutip situs UEFA.

"Ada pemain baru dan juga skuat reguler di tim ini. Mereka akan habis-habisan. Saya belum ingin mencari pemain baru untuk gantikan Stefan de Vrij, saya lihat sekeliling, ini tidak masalah."

 

3 dari 5 halaman

Tanpa Lewandowski

Latihan Perdana Timnas Belanda Pasca Ditinggal Ronald Koeman ke Barcelona
Perbesar
Pemain Timnas Belanda, Mohamed Ihattaren dan Owen Wijndal, bersepeda saat sesi latihan jelang laga UEFA Nations League di Zeist, Belanda, Selasa (1/9/2020). Belanda akan berhadapan dengan Polandia. (Photo by Koen van Weel / ANP / AFP)

Belanda bisa lebih percaya diri karena Polandia tak diperkuat Robert Lewandowski. Striker Bayern Munchen ini mendapatkan istirahat lebih lama.

"Lewandowski tetap pemain penting kami, kapten kami, tapi untuk laga melawan Belanda dan Bosnia, kami akan main tanpa dia," ujar pelatih Polandia, Jerzy Brzeczek.

 

4 dari 5 halaman

Fakta Menarik

1. Belanda sudah jumpa dengan Polandia sebanyak 15 kali di berbagai ajang. Rekornya yaitu menang 6 kali, imbang 6 dan kalah 3.

2. Belanda sudah tak terkalahkan di tujuh laga terakhir melawan Polandia; menang empat kali, imbang tiga kali. Kekalahan terakhir terjadi di kualifikasi Piala Eropa dimana Polandia menang 2-0 pada Mei 1979 lalu.

3. Polandia belum menang di tujuh laga melawan Belanda di Amsterdam. Rinciannya lima kali imbang kalah 2.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Timnas Belanda di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓