Sukses

Latihan Keras di Kroasia, Pemain Timnas U-19 Pingsan dan Cedera

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip situs resmi federasi memberi kabar situasi terkini timnas U-19 jelang menghadapi uji coba selama di Kroasia.

Liputan6.com, Zagreb - Pemain Timnas Indonesia U-19 menjalani latihan keras selama pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Saking beratnya, beberapa pemain sampai pingsan dan cedera.

"Latihan di Kroasia berjalan keras, sampai ada pemain yang cedera dan pingsan saat digenjot fisiknya," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip situs resmi federasi.

Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu tidak menyebutkan identitas atau jumlah pemain yang keteteran selama menjalani TC. Dia hanya ingin mengabarkan situasi terkini timnas U-19 jelang menghadapi uji coba selama di Kroasia.

"Kami harap masyarakat dan pendukung Timnas Indonesia sabar terlebih dahulu bilamana nanti hasil uji coba tidak meraih kemenangan," kata dia.

Manajer pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku memberikan menu latihan intensitas tinggi kepada timnya. Itulah alasan mengapa juru taktik asal Korea Selatan ini enggan membebani kemenangan dalam pertandingan uji coba.

"Tim ini masih berproses. Latihan fisik dengan intensitas tinggi. Jadi kami tidak mengincar kemenangan pada laga uji coba nanti. Kami ingin melihat sejauh mana perkembangan pemain," tutur Shin Tae-yong.

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turnamen Mini

Timnas U-19 mulai berlatih sebanyak tiga kali sehari selama menjalani TC di Kroasia, Senin (31/8/2020). Anak asuh Shin Tae-yong tidak mau membuang waktu dan memanfaatkan kesempatan.

Semula timnas U-19 memulai turnamen internasional pada 2 September. Namun, Asosiasi Sepak Bola Kroasia (HNS) mengirim surat ke PSSI terkait perubahan jadwal.

"Kompetisi kini dimulai 5 September. Kami rasa tidak masalah, ini justru bagus untuk pemain yang dapat melakukan persiapan lebih panjang sebelum menjalani uji coba tersebut," kata Mochamad Iriawan.

 

3 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Timnas U-19 akan memulai turnamen melawan Bulgaria (5 September). Selanjutnya mereka meladeni Kroasia (8 September) dan Arab Saudi (11 September).

"Setelah mengikuti turnamen tersebut, timnas U-19 melanjutkan uji coba dengan beberapa negara dan klub di Kroasia hingga akhir September. Lawan-lawan yang akan dihadapi yakni Qatar, Bosnia-Herzegovina, serta Dinamo Zagreb. Mereka merupakan tim kuat dan bagus untuk timnas U-19," jelas Iwan Bule. 

4 dari 4 halaman

Tunggu Kabar

Di Kroasia, timnas menunggu kabar sebelum menentukan langkah selanjutnya. Semula rombongan langsung menuju Uzbekistan untuk mengikuti Piala AFC 2020 yang berlangsung pada 14-31 Oktober.

Namun, program itu bisa berubah karena AFC berencana menunda seluruh turnamen tersisa di tahun ini karena pandemi Covid-19. Andai itu terjadi, PSSI berencana mengirim timnas U-19 berlatih di negara lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.