Termasuk Neymar, Ini 5 Pemain Top Dunia yang Terjangkit COVID-19 Saat Kompetisi Berakhir

Oleh Liputan6.com pada 03 Sep 2020, 14:30 WIB
Diperbarui 03 Sep 2020, 15:18 WIB
FOTO: Neymar, Angel Di Maria, dan Leandro Paredes Positif Corona
Perbesar
Pemain Paris Saint-Germain Angel Di Maria (kiri) merayakan dengan rekan setimnya Neymar usai mencetak gol ke gawang Leipzig pada semifinal Liga Champions di Stadion Luz, Lisbon, Portugal, 18 Agustus 2020. Angel Di Maria, Neymar, dan Leandro Paredes dinyatakan positif COVID-19. (David Ramos/POOL/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Virusi Corona COVID-19 benar-benar bisa menjangkiti siapa saja. Tidak terkecuali para pesepak bola ternama. Sosok terbaru adalah Neymar, bintang Paris Saint Germain (PSG) dan aset timnas Brasil. 

Meningkatnya kasus COVID-19 di kalangan pemain ternama justru terjadi saat kompetisi berhenti. Sebagian besar dinyatakan terjangkit virus asal Kota Wuhan itu setelah berlibur ke sejumlah tempat. Mereka memanfaatkan jeda kompetisi untuk liburan musim panas sembari melepas penat.

Kasus demi kasus yang muncul tentu membuat klub kelimpungan. Pasalnya, sebentar lagi musim baru akan bergulir. Pemain yang terjangkit virus Corona harus menjalani isolasi dan terancam batal ikut ambil bagian pada laga perdana. Bahkan, pertandingan bisa ditunda bila jumlah pemain yang terinfeksi banyak. 

Beberapa pemain bahkan terpaksa dicoret dari skuad timnas akibat terjangkit COVID-19. Mereka batal tampil di ajang UEFA Nations League yang mulai digelar pada pekan ini. 

Lalu, siapa saya pemain ternama yang terjangkit virus Corona COVID-19?

Berikut daftar 5 pemain top dunia yang terpapar COVID-19.

2 dari 7 halaman

Neymar da Silva

Gol Tunggal Kingsley Coman Bawa Bayern Munchen Juara Liga Champions
Perbesar
Pemain Paris Saint-Germain (PSG), Neymar, saat melawan Bayern Munchen pada laga final Liga Champions di Stadion The Luz, Portugal, Senin (24/8/2020). Bayern Munchen menang 1-0 atas PSG. (David Ramos/Pool via AP)

Bintang Paris Saint-Germain (PSG) Neymar dikabarkan positif COVID-19. Neymar diduga terpapar virus ini setelah pulang dari liburan ke Ibiza usai PSG kalah dari Bayern Munchen di final Liga Champions.

"Tiga pemain Paris Saint-Germain telah mengonfirmasi tes Sars CoV2 positif dan kami tunduk pada protokol kesehatan yang berlaku," bunyi pernyataan PSG seperti dikutip Sportskeeda, Rabu (2/9/2020).

Akibat terpapar virus ini, Neymar terancam batal untuk ambil bagian pada laga perdana PSG melawan Lens pekan depan.

3 dari 7 halaman

Miralem Pjanic

Miralem Pjanic - Barcelona
Perbesar
Pemain anyar Barcelona Miralem Pjanic didiagnosis positif Covid-19. (foto: instagram.com/miralem_pjanic)

Pemain anyar Barcelona, Miralem Pjanic, sudah dikonfirmasi positif COVID-19. Sama seperti Neymar, Pjanic terpapar virus saat sedang berlibur di Porto Cevro, Italia.

“Pjanic dinyatakan positif lewat tes PCR usai merasa tidak enak badan pada Sabtu 22 Agustus 2020. Kondisinya sangat baik dan saat ini sedang isolasi mandiri di rumah," bunyi pernyataan Barcelona.

Menyusul temuan ini, Pjanic diminta untuk menjalani karantina selama 15 hari. Ini membuatnya tidak bisa ikut ambil bagian dalam latihan prausim Barcelona bersama pelatih baru, Ronald Koeman.

4 dari 7 halaman

Paul Pogba

Kapten Manchester United
Perbesar
1. Paul Pogba – Pemain yang berhasil membawa Prancis meraih gelar juara Piala Dunia ini mampu bangkit dan tampil apik di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Sang pelatih pun tak segan-segan mengatakan bahwa Pogba adalah pemimpin tulen. (Paul Ellis)

Berbeda dengan Pjanic dan Neymar, gelandang Manchester United (MU) Paul Pogba terjangkit COVID-19 tanpa gejala. Tidak diketahui di mana Pogba terjangkit, sebab pertengahan bulan ini dia menyelesaikan musim 2019/2020 bersama MU.

Pogba sendiri telah dipastikan terinfeksi COVID-19 melalui tes yang dilakukan Timnas Prancis, Kamis (27/08/2020). Akibatnya, pemain berusia 27 tahun ini dicoret dari skuad Timnas Prancis di UEFA Nations League.

5 dari 7 halaman

David Silva

David Silva
Perbesar
Gelandang serang Manchester City, David Silva. (Peter Powelll/Pool via AP)

Sama seperti Pogba, pemain anyar Real Sociedad, David Silva, terjangkit COVID-19 tanpa gejala. Ia dinyatakan positif sehari setelah perkenalannya ke publik di Anoeta Stadium, Selasa (01/09/2020).

"Real Sociedad menyampaikan kalau Silva telah dites positif COVID-19 dalam pengujian yang dilakukan di Policlínica Gipuzkoa," bunyi pernyataan resmi Real Sociedad dilansir Marca.

Kondisi ini membuat Silva kemungkinan bakal absen dalam laga pertama Sociedad di La Liga musim ini pada 12 September 2020.

6 dari 7 halaman

Angel Di Maria

Kalahkan PSG, Bayern Munchen Angkat Trofi Liga Champions
Perbesar
Gelandang PSG, Angel Di Maria mengontrol bola saat bertanding melawan Bayern Munchen pada final Liga Champions di stadion Luz di Lisbon (23/8/2020). Munchen menang tipis atas PSG 1-0. (David Ramos / Pool via AP)

Selain Neymar, Angel Di Maria juga dinyatakan positif COVID-19 usai berlibur bersama di Ibiza, Spanyol. Sebelumnya, PSG juga telah mengonfirmasi tiga pemainnya terjangkit virus tersebut.

"Kami sedang memastikan kondisi mereka dan mereka juga telah mengikuti protokol kesehatan yang berlaku," tulis PSG singkat seperti dilansir Sportskeeda.

Akibatnya, Di Maria kini tengah menjalani isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Ia juga kemungkinan besar akan absen dalam laga pertama PSG di Ligue 1 musim ini pada 11 September 2020.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

 

 

7 dari 7 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓