Sukses

Ditinggal Lionel Messi dan Luis Suarez, Barcelona Terancam Miskin Gol

Sejak mulai bermain bersama, Lionel Messi dan Luis Suarez total mencetak 478 gol untuk Barcelona. Jika keduanya hengkang, produktivitas gol Barcelona terancam merosot.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona menyelesaikan musim 2019/20 dengan mencetak 110 gol di semua kompetisi. Sebagian besar dari total gol tersebut datang dari Lionel Messi dan Luis Suarez, dua pemain yang berpotensi hengkang pada musim panas ini.

Lionel Messi dan Luis Suarez total mencetak 74 gol atau 67,72 persen untuk Barcelona musim lalu. Messi mencetak 31 gol dan membuat 16 assist. Sementara Suarez mengakhiri musim dengan 21 gol dan enam asssit.

Messi memberi umpan kepada Suarez untuk 10 golnya. Pemain Uruguay itu kemudian membalas budi dengan enam assist untuk Messi.

Statistik tersebut akan memberikan gambaran yang mengkhawatirkan bagi Barcelona jika Lionel Messi dan Luis Suarez pergi. Jika serius meraih gelar liga musim ini, Blaugrana harus membawa dua atau tiga penyerang yang menjamin bisa mencetak 50 hingga 60 gol. Itu tidak akan mudah.

 

 

 

Saksikan Video Lionel Messi di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Statistik Messi dan Suarez

Jumlah gol Messi dan Suarez pada musim lalu adalah yang terburuk sejak keduanya bermain bersama. Selama enam musim memimpin serangan Barcelona, Messi mencetak 280 gol dan Suarez 198. Total gol yang mereka cetak adalah 478 gol dan membuat 244 assist.

Messi mencetak 58 gol pada 2014/15, tapi hanya 31 gol pada musim lalu. Sementara Suarez mengakhiri musim 2015/16 dengan 59 gol, yang membuatnya mendapatkan Sepatu Emas.

Namun, jumlah gol Suarez menurun pada 2018/19 menjadi 25. Sementara musim lalu, pemain berusia 33 tahun itu hanya mencetak 21 gol. Ini hal ini sebagian besar dikarenakan masalah fisiknya.

 

3 dari 4 halaman

Cari Pengganti Messi dan Suarez

Jika harus kehilangan Messi dan Suarez, Barcelona harus mendatangkan dua atau tiga penyerang kelas dunia. Setidaknya pemain yang dapat mencetak gol mendekati Messi dan Suarez.

Namun, situasi Suarez dan Messi berbeda. Performa Suarez terus menurun karena kerap diganggu oleh cedera. Sementara Messi masih dapat bermain di level atas. Karena itu, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu akan berusaha untuk mencegah Messi meniggalkan Camp Nou.

Lautaro Martinez adalah kandidat kuat untuk memperkuat serangan Barcelona. Striker asal Argentina itu mencetak 21 gol dalam 49 pertandingan bersama Inter Milan musim lalu.

 

4 dari 4 halaman

Sadio Mane

Selain Lautaro Martinez, Barcelona juga mengincar penyerang sayap Liverpool, Sadio Mane. Pamor Mane terus meroket sejak bergabung dengan Liverpool pada 2016 lalu.

Ia sukses mengantar The Reds menjuarai Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.