Mendarat di Kroasia, Timnas U-19 Langsung Menuju Lapangan

Oleh Harley Ikhsan pada 30 Agu 2020, 22:38 WIB
Diperbarui 30 Agu 2020, 22:38 WIB
Timnas U-19
Perbesar
Timnas Indonesia U-19 tiba di Kroasia, Minggu (30/8/2020). (Dok PSSI)

Liputan6.com, Zagreb - Timnas Indonesia U-19 tiba di Zagreb, Kroasia, Minggu (30/8/2020) pukul 10.00 waktu setempat. Begitu sampai di Bandara Franjo Tudman, Zagreb, anak asuh Shin Tae-yong melanjutkan perjalanan darat ke Sveti Martin na Muri selama satu setengah jam.

"Setelah melakukan perjalanan panjang ke Kroasia dan tiba di hotel, pemain langsung makan siang dan istirahat sebentar. Sorenya kami langsung menjalani latihan di lapangan," kata Shin Tae-yong dikutip situs resmi PSSI.

Timnas U-19 menempuh 17 jam perjalanan dari Jakarta menuju Zagreb via Istanbul, Turki. Suhu udara di Kroasia berkisar 26-28 derajat celcius.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kroasia yang diwakili Elbanita Lingkan Surya menyambut kedatangan timnas di Bandara Franjo Tudman, Zagreb.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) yang selalu mendukung penuh timnas U-19. Selama di sini, para pemain akan bekerja keras demi raihan prestasi nantinya," tegas Shin Tae-yong.

Coret 2 Pemain

Timnas U-19
Perbesar
Disaksikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, pemain Timnas Indonesia U-19 mencium Merah Putih sebelum berangkat menjalani TC di Kroasia. (PSSI)

Shin Tae-yong mencoret dua pemain U-19 sebelum berangkat ke Kroasia untuk menjalani pemusatan latihan (TC), Sabtu (29/8/2020).

Serdy Ephy Fano dan Ahmad Afhridrizal, yang merupakan rekan sekamar, tidak diberangkatkan karena terlambat datang ke latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu pagi.

"Kedisiplinan sudah menjadi moto pelatih dan kami pun tidak bisa ikut campur dengan hal itu," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Dengan demikian, ada 28 pemain dan 15 ofisial timnas yang terbang ke Kroasia untuk melakoni TC dan mengikuti uji coba. Federasi mempersilakan Shin Tae-yong melakukan kebijakan apa pun selama demi kepentingan tim.

"Meski tiket dan visa dua pemain itu sudah disiapkan, saya mempersilakan Shin melakukan itu demi kemajuan tim," tutur Mochamad Iriawan.

Kegiatan Timnas

Mochamad Iriawan
Perbesar
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melepas Timnas Indonesia U-19 yang menjalani TC di Kroasia. (PSSI)

Mochamad Iriawan memaparkan, timnas U-19 akan berada di Kroasia selama satu bulan. Semula rombongan langsung menuju Uzbekistan untuk mengikuti Piala AFC 2020 yang berlangsung pada 14-31 Oktober.

Namun, program itu bisa berubah karena AFC berencana menunda seluruh turnamen tersisa di tahun ini karena pandemi Covid-19. Andai itu terjadi, PSSI berencana mengirim timnas U-19 berlatih di negara lain.

"Nanti kita lihat perkembangan Piala Asia U-19 AFC, apakah tim ini lanjut ke Uzbekistan atau menuju tempat lain untuk berlatih tanding di negara negara lain yang dibilang sebagai negara maju dalam persepakbolaan. Kita lihat apakah akan ke Turki, Portugal atau negara lain," ujar Mochamad Iriawan.

Gelar Uji Coba

FOTO: Intip Latihan Timnas Indonesia U-19 Jelang Bertolak ke Kroasia
Perbesar
Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (bertopi) memberi arahan saat latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (28/8/2020). Selanjutnya, Timnas U-19 akan berlatih dan mengikuti turnamen mini di Kroasia jelang Piala Asia U-19 2020 Uzbekistan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain TC, timnas U-19 akan mengikuti turnamen persahabatan internasional pada 2-8 September selama di Kroasia. Kompetisi itu juga diikuti Bulgaria dan Arab Saudi.

Setelah Piala AFC, timnas U-19 disiapkan untuk berlaga di Piala Dunia U-20 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

Saksikan Video Timnas Indonesia U-19 Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓