Timnas U-16 Tutup TC dengan Kemenangan, Bima Sakti Puas Kinerja Pemain

Oleh Harley.Ikhsan pada 29 Agu 2020, 00:00 WIB
Diperbarui 29 Agu 2020, 00:00 WIB
Timnas U-16
Perbesar
Timnas Indonesia U-16 pada laga melawan Timnas Pelajar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (28/8/2020). (Dok PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 menutup kegiatan pemusatan latihan (TC) pada Agustus dengan mengalahkan Timnas Pelajar 1-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (28/8/2020).

Kemenangan ini menjaga rekor sempurna timnas U-16 selama TC pada bulan ini. Sebelumnya mereka menaklukkan SSB POR Uni Bandung (2-0) dan Asosiasi Kota Bandung U-18 (4-1).

"Alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai instruksi dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan, tadi sebelum laga, juga kami test semua tim tamu lawan kami itu," tutur pelatih timnas U-16 Bima Sakti usai laga.

"Pada laga ini, banyak evaluasi menarik bagi kita, setelah lawan yang dihadapi kali ini cukup berat. Mereka bermain baik, banyak memberikan perlawanan, dan tekanan kepada kami."

"Walaupun kita sukses memenangkan pertandingan, ada banyak catatan yang harus kita benahi ke depan," tambahnya dilansir situs resmi federasi.

 

2 dari 5 halaman

Kelemahan dan Peningkatan

Bima Sakti
Perbesar
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. (Dok PSSI)

Salah satu catatan Bima Sakti adalah dalam penyelesaian akhir. Dia menyebut ada 4-5 peluang emas pada babak pertama yang tidak berbuah gol.

Namun, Bima Sakti mengakui anak asuhnya mengalami kemajuan selama TC Agustus. “Para pemain mengalami banyak perubahan dari sejak awal pemanggilan TC kali ini," ujarnya.

"Dari fisik, terutama mental. Kemarin setelah libur tiga bulan (dari TC Maret 2020), kegiatan mereka memang hanya dilakukan secara virtual. Tidak ada latihan di lapangan, sedangkan setelah TC kembali dimulai bulan Juli, kemudian Agustus, sudah banyak peningkatan,” Sambung Bima Sakti.

3 dari 5 halaman

Tunggu Keputusan AFC

Timnas Indonesia U-16
Perbesar
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut Timnas Indonesia U-16 punya kualitas untuk bersaing dengan peserta lainnya di Piala AFC 2020. (dok. PSSI)

TC Timnas U-16 pada Agustus berakhir Sabtu (29/8/2020). Pemain akan dipulangkan keesokannya. Setelah itu timnas bakal kembali mengadakan pemusatan latihan di bulan berikutnya.

“Setelah ini pemain kita liburkan dahulu, satu hingga dua minggu, sambil menunggu TC berikutnya di bulan September 2020, yang rencananya mulai tanggal 6 kumpul," ungkap Bima Sakti.

"Tapi mungkin akan ada perubahan, karena menunggu kabar jadwal dari Piala AFC. Apabila ada perubahan, tentu nanti latihan kami akan menyesuaikan latihan. TC rencananya masih tetap di Bekasi,” jelas Bima.

4 dari 5 halaman

Terganggu Covid-19

Timnas Indonesia U-16
Perbesar
Pelatih Bima Sakti menyebut, pemain Timnas Indonesia U-16 sudah menunjukkan penampilan yang sesuai keinginannya. (dok. PSSI)

Timnas U-16 dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFC yang berlangsung 25 November hingga 12 Desember 2020 di Bahrain. Marcel Januar Putra dan kawan-kawan berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.

Namun, ajang itu dalam tanda tanya karena niat AFC menunda seluruh kompetisi akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Timnas Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓