Sukses

Jelang MotoGP San Marino: Masalah Motor Masih Bikin Yamaha Pusing Tujuh Keliling

Maverick Vinales mengalami peristiwa kurang mengenakkan di MotoGP Styria, Austria akhir pekan lalu. Motor pembalap Monster Energy Yamaha itu tiba-tiba meledak.

Liputan6.com, San Marino - Maverick Vinales mengalami peristiwa kurang mengenakkan di MotoGP Styria, Austria akhir pekan lalu. Motor pembalap Monster Energy Yamaha itu tiba-tiba meledak.

Belakangan diketahui motor Vinales meledak karena masalah rem. Vinales mengatakan, saat membalap, ia sangat terganggu dengan masalah tersebut.

Menurut Vinales, rem pada motornya mulai kehilangan cengkeraman saat ia mencoba menyusul Valentino Rossi dan Fabio Quartararo saat balapan. "Tiba-tiba di tikungan pertama, rem meledak," kata Vinales seperti dilansir Crash.

Kecelakaan Maverick Vinales di MotoGP Styria, Minggu (23/8/2020). (Dok MotoGP)

Vinales bukan satu-satunya pembalap Yamaha yang mengalami masalah dengan motor. Valentino Rossi juga merasa motornya masih kurang maksimal, meski ia berhasil menuntaskan balapan di MotoGP Styria.

Menurut Rossi, masalah di motor bukan barang baru bagi Yamaha. "Tahun lalu, rasanya seperti ini. Kami bekerja keras untuk memperbaiki situasinya, tetapi tahun ini ternyata masih sama," kata Rossi.

"Sekarang, kami harus bekerja keras dan harapannya di trek lain seperti di Misano, kami bisa lebih kompetitif," ujarnya.

 

 

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjalar ke Tim Satelit

Situasi makin pelik bagi Tim Garpu Tala -julukan Yamaha. Pasalnya, masalah bukan hanya ada pada tim pabrikan melainkan tim satelit.

Hal itu terungkap dari pernyataan dua pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. Quartararo misalnya, merasakan hal itu saat membalap di Styria.

"Saya berada di belakang Aleix Espargaro selama balapan. Saya bisa melihat motornya agak kepayahan di banyak area yang tidak saya duga," kata Quartararo.

"Satu hal yang pasti adalah kami kepayahan. Alasannya? saya tidak tahu," kata Morbidelli.

3 dari 4 halaman

Mengurai Benang Kusut

Menghadapi MotoGP Misano akhir pekan ini, Yamaha punya pekerjaan rumah mengurai benang kusut yang membelit mereka.

Kepala tim Monster Energy, Massimo Meregalli menuturkan, pihaknya masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut para teknisi yang berasal dari Jepang.

Sayangnya, Meregalli pembenahan tidaklah mudah.

"Sekarang kami akan mencoba mengerti apa yang sesungguhnya terjadi. Tetapi itu tidak mudah karena motornya sedang tidak baik," katanya.

"Tetapi, saya berharap di Misano kami akan menerima lebih banyak informasi dari para teknisi Jepang kami," katanya.

4 dari 4 halaman

Jadwal MotoGP San Marino

Jumat, 11 September 2020

14:55-15:40 WIB: FP1

19:10-19:55 WIB: FP2

 

Sabtu, 12 September 2020

14:55-15:40 WIB: FP3

18:30-19:00 WIB: FP4

19:10-19:25 WIB: Q1

19:35-19:50 WIB: Q2

 

Minggu, 13 September 2020

14:20-14:40 WIB: Pemanasan

19:00 WIB: Balapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.