Sukses

Ronald Koeman: Barcelona adalah Rumah Saya

Setelah pensiun jadi pemain, Ronald Koeman kembali ke Barcelona sebagai pelatih. Ia ditugaskan untuk membangun kembali skuat Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Ronald Koeman merasa terhormat dan beruntung karena sekali lagi menjadi bagian dari Barcelona. Pria asal Belanda itu kembali ke Camp Nou dengan status sebagai pelatih.

Ronald Koeman secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah bermain untuk Barcelona. Ia menjalani enam tahun yang cukup sukses di klub Catalan tersebut.

Mantan pemain Timnas Belanda itu tiba di Camp Nou pada 1989 dan menjadi bagian penting dari tim impian Johan Cruyff. Ia memenangkan empat gelar juara Liga Spanyol dan satu Piala Eropa, di antara penghargaan besar lainnya.

Pada 1998 lalu, Ronald Koeman menjadi asisten pelatih Barcelona sebelum memulai kariernya sebagai pelatih dua tahun kemudian. Setelah mendapatkan pengalaman selama 20 tahun melatih klub-klub seperti Ajax, Benfica, Everton, dan Timns Belanda, dia sekarang kembali lagi.

 

 

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klub Terbaik di Dunia

Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatih Barcelona untuk menggantikan Quique Setien yang dipecat. Setien didepak setelah Lionel Messi mengakhiri musim 2019/20 tanpa trofi.

"Saya merasa Barcelona adalah rumah saya. Dalam kunjungan sebelumnya ke kota itu, saya melewatkan sesuatu karena saya tidak datang bekerja untuk FC Barcelona," kata Koeman dalam wawancara dengan Barca TV.

"Sekarang saya adalah pelatih dan saya sangat senang. Hal terpenting adalah untuk diketahui, apakah Anda seorang pelatih, pemain atau karyawan Barca, Anda berada di klub terbaik di dunia dan tak ada yang lebih baik."

"Kami sangat beruntung menjadi bagian dari klub ini," ucap juru taktik berusai 57 tahun itu.

 

 

3 dari 4 halaman

Membangun Skuat

Duduk di kursi pelatih, Ronald Koeman ditugaskan untuk membangun kembali skuat Barcelona. Salah satu cara yang sedang dilakukan Koeman adalah peremajaan skuat.

Koeman, misalnya, telah memberi tahu Luis Suarez jika striker asal Uruguay tersebut tak masuk dalam rencananya. Suarez bisa meninggalkan Camp Nou pada musim panas ini.

Koeman kabarnya juga ingin merekrut dua bek muda untuk menambal lubang di lini belakang. Kedua bek incarannya adalah Jose Gaya dari Valencia dan Eric Garcia asal Manchester City.

 

4 dari 4 halaman

Berselisih dengan Bartomeu

Tapi baru menjalankan tugasnya, Ronald Koeman ternyata sudah punya masalah dengan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu. Keduanya berselisih paham mengenai sosok pengganti Luis Suarez.

Koeman ingin Barcelona merekrut Memphis Depay dari Olympique Lyon untuk menggantikan Suarez.Tetapi, Bartomeu tak setuju dengan gagasan itu. Ia ingin Barcelona melanjutkan perburuan striker Inter Milan Lautaro Martinez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.