Koeman Persilakan 4 Bintangnya Cari Klub Baru, Salah Satunya Sudah Ditawarkan ke MU

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 25 Agu 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 25 Agu 2020, 19:04 WIB
FOTO: Bayern Munchen Bantai Barcelona 8-2
Perbesar
Pemain Barcelona Luis Suarez Luis Suarez (tengah) membawa bola usai mencetak gol ke gawang Bayern Munchen pada pertandingan perempat final Liga Champions antara di Stadion Luz, Lisbon, Portugal, Jumat (14/8/2020). Bayern Munchen membantai Barcelona dengan skor 8-2. (AP Photo/Manu Fernandez/Pool)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman, sudah mulai menyisir pemain untuk skuatnya. Bahkan, Koeman sudah terang-terangan menyebut empat pemain yang tidak akan masuk rencananya di musim depan.

Pelatih Barcelona asal Belanda itu sudah memberi tahu Luis Suarez, Arturo Vidal, Ivan Rakitic, dan Samuel Umtiti agar segera mencari klub baru musim panas ini.

Mantan bos Everton itu, yang baru diumumkan manajemen Barcelona sebagai penerus Quique Setien, tidak mau membuang waktu untuk membereskan kekacauan yang tersisa untuknya di Camp Nou.

Prioritas pertama Koeman adalah berbicara dengan Lionel Messi yang sempat "marah" karena persoalan masa depannya di klub ramai jadi perbincangan publik.

Meskipun bintang Barcelona asal Argentina itu tetap merasa tidak senang dengan manajemen klub, Koeman yakin bahwa pemain berusia 33 tahun itu akan tetap di klub.

2 dari 8 halaman

Tak Dibutuhkan Lagi

FOTO: Bayern Munchen Bantai Barcelona 8-2
Perbesar
Penjaga gawang Bayern Munchen Manuel Neuer menghalau bola dari pemain Barcelona Luis Suarez pada pertandingan perempat final Liga Champions di Stadion Luz, Lisbon, Portugal, Jumat (14/8/2020). Bayern Munchen membantai Barcelona dengan skor 8-2. (Rafael Marchante/Pool via AP)

Koeman ingin menambah skuatnya, tapi dia tidak bisa melakukan itu hingga manajemen klub Catalan itu melakukan serangkaian penjualan.

Dengan pemikiran tersebut, Koeman secara khusus tidak akan memberikan belas kasihan dalam kebijakannya. Dan, seperti laporan Guardian bahwa empat pemain sudah diberitahu dalam satu hari bahwa mereka tidak dibutuhkan lagi.

3 dari 8 halaman

Inspirasi Klub

Luis Suarez - Barcelona
Perbesar
Striker Barcelona Luis Suarez. (foto: instagram.com/fcbarcelona)

Suarez (33) adalah nama terbesar dari kuartet tersebut. Pemain Uruguay itu adalah pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang masa Barcelona.

Dia juga menginspirasi klub tersebut untuk meraih sukses Liga Champions terakhir mereka pada tahun 2015 setelah kedatangannya sebesar 75 juta poundsterling dari Liverpool.

4 dari 8 halaman

Marah

Namun, Koeman yakin hari-hari sang penyerang memimpin lini depan telah berakhir dan cedera lutut yang dialami selama bertahun-tahun telah membuat mantan bintang Ajax itu menderita.

Suarez dikatakan sangat marah pada Koeman dan percaya bahwa meskipun dia akan meninggalkan klub, dia layak mendapatkan perpisahan yang lebih baik daripada satu panggilan telepon setelah musim berakhir.

5 dari 8 halaman

Cari Klub Baru

Barcelona Menang Tipis Atas Athletic Bilbao
Perbesar
Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic (kiri belakang) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Camp Nou, Barcelona (23/6/2020). Barcelona menang tipis atas Bilbao 1-0. (AFP/Pau Barrena)

Rakitic telah tampil lebih dari 30 kali di liga untuk Barcelona sejak ia bergabung dari Sevilla pada 2014. Namun, musim sebelumnya adalah penampilan yang terburuk dari pemain asal Kroasia itu. Ia hanya mencetak satu gol dalam 42 penampilan.

Belum jelas berapa banyak yang bisa dikumpulkan Barcelona untuk gelandang berusia 32 tahun ini. Namun, Koeman menegaskan bahwa dia harus mencari klub baru karena dia tidak ada dalam rencananya.

6 dari 8 halaman

Tertarik

Hadapi Napoli, Lionel Messi Cs Jajal Rumput Stadion San Paolo
Perbesar
Gelandang Barcelona, Arturo Vidal saat mengikuti sesi latihan tim di stadion San Paolo di Naples, Italia (24/2/2020). Barcelona akan bertanding melawan Napoli pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (AFP/Filippo Monteforte)

Di tempat lain, Vidal bisa mencari cara kembali ke Italia setelah diberitahu bahwa dia surplus untuk persyaratan. Pemain berusia 33 tahun itu telah menghabiskan dua musim di Spanyol setelah bergabung dari Bayern Munchen.

Dan, mantan klub Juventus dikatakan tertarik untuk merekrutnya kembali, mengingat mantan rekan setimnya Andrea Pirlo kini bertugas di Turin.

Samuel Umtiti telah lama dikaitkan dengan kepergian dari Camp Nou dan pemain Prancis itu bisa mendapatkan jumlah yang layak di pasar terbuka mengingat dia baru berusia 26 tahun.

7 dari 8 halaman

Tak Terbayangkan

Mantan pemain asuhan Lyon ini, telah ditawarkan ke Manchester United dan Arsenal di masa lalu, dan itu tidak terbayangkan bahwa klub-klub itu dapat melihat lagi musim panas ini, mengingat keinginan mereka untuk merekrut bek tengah.

Di tempat lain, Philippe Coutinho dilaporkan telah diberi penangguhan hukuman karena Koeman mengatakan kepada pemain Brasil itu bahwa dia akan 'mengandalkannya' musim depan.

Sementara Gerard Pique, Jordi Alba dan Sergio Busquets semuanya tampaknya akan tinggal untuk musim selanjutnya karena kekhawatiran yang bisa dibuat klub.

8 dari 8 halaman

Simak Video Barcelona Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓