Jelang Bergulirnya Shopee Liga 1, Persija Tingkatkan Porsi Latihan

Oleh Liputan6.com pada 23 Agu 2020, 23:00 WIB
Diperbarui 23 Agu 2020, 23:00 WIB
Salam Siku Akhiri Duel Keras Bhayangkara FC dan Persija
Perbesar
Pemain tengah Bhayangkara FC, Renan da Silva (kiri) berebut bola dengan gelandang Persija, Marc Anthony Klok pada lanjutan Shopee Liga 1 Indonesia di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Laga kedua tim berakhir imbang 2-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta menggelar latihan bersama di Lapangan PS AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta, sejak Rabu (19/08/2020). Asisten pelatih Sudirman memimpin program ini.

Setelah satu pekan latihan bersama, Sudirman menyatakan puas dengan performa seluruh pemain. Oleh karena itu, ia mengisyaratkan untuk meningkatkan porsi latihan pada pekan kedua mulai Senin (24/8/2020).

“Meski baru latihan kembali, Ryuji utomo dan kawan-kawan menujukkan perkembangan yang luar biasa. Ke depannya, porsi latihan akan ditingkatkan secara bertahap,” ujar Sudirman dilansir dari situs resmi Persija.

Walupun kondisi fisik para pemain belum 100 persen, tim pelatih cukup puas dengan kondisi pemain saat ini. Sebab sejak awal diliburkan, pemain Persija secara profesional tetap melakukan latihan mandiri.

“Para pemain terbantu dengan latihan mandiri, seperti gym dan bersepeda, Sehingga stamina mereka saat ini tidak terlalu anjlok,” sambung Sudirman.

2 dari 4 halaman

Fokus Pengembalian Fisik

Ismed Sofyan
Perbesar
Kapten Persija Jakarta Ismed Sofyan (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejak awal, Sudirman memberikan menu latihan untuk berfokus pada pengembalian fisik para pemain. Tak lupa, Sudirman juga memberikan latihan pencegahan cedera agar otot pemain tidak tegang.

“Fokus kita tetap pada pengembalian fisik pemain. Karena kita tahu lima bulan tidak latihan fisik, jadi kita mulai dengan meningkatkan kondisi fisik mereka,” pungkas Sudirman.

Untuk mengembalikan kondisi fisik, tim pelatih memberikan tes lari kepada seluruh pemain untuk diukur sejauh mana tingkat kebugaran mereka.

Hasilnya pun cukup memuaskan, sebagian pemain menunjukkan kebugaran maksimal saat di lapangan.

3 dari 4 halaman

Protokol Kesehatan

Persija Jakarta
Perbesar
Skuat Persija Jakarta menggelar swab test sebagai langkah awal sebelum menggelar latihan perdana persiapan Shopee Liga 1 2020. (dok. Persija Jakarta)

Untuk mendukung upaya pemerintah memerangi Covid-19, Persija melaksanakan latihan yang bersifat tertutup. Selain itu, Manajemen Persija juga menyediakan tempat mencuci tangan, hand sanitizer dan mewajibkan setiap pemain untuk menajga jarak.

Tempat latihan pun dibuat terbatas, hanya bisa dimasuki oleh pemain dan tim pelatih. Sementara, para awak media maupun supporter dilarang hadir ke tempat latihan.

Para pemain pun tidak merasa kesepian walaupun tidak ada supporter yang datang, sebab mereka tahu, bahwa The Jak Mania sedang menyaksikan latihan mereka melalui Official YouTube Persija Jakarta. (Mg-Dzaky Nurcahyo)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Persija Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓