Jadi Gabung MU, Solskjaer Bisa Siapkan 3 Formasi Buat David Brooks

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 22 Agu 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 22 Agu 2020, 13:00 WIB
Ole Gunnar Solskjaer
Perbesar
Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) kemungkinan akan merekrut playmaker Bournemouth, David Brooks, musim panas ini. Klub juga sudah terbuka untuk menjual pemain yang jadi target Setan Merah selama jendela transfer musim panas.

Brooks, 23, adalah sasaran manajer MU Ole Gunnar Solskjaer, meski target utama mereka adalah Jadon Sancho. Pemain internasional Wales itu telah dipertimbangkan selama lebih dari satu tahun.

Namun, keinginan MU tersebut, belum bisa terwujud. Saat itu mereka enggan memenuhi penawaran Bournemouth sebesar 40 juta pounds.

The Cherries terdegradasi dari Liga Inggris pada hari terakhir musim ini dan telah menjual Nathan Ake ke Manchester City dan Aaron Ramsdale ke Sheffield United.

Manajer baru Jason Tindall minggu ini menegaskan klub tidak akan mencegah siapa pun untuk pergi selama penilaian mereka terpenuhi, termasuk MU.

Di sisi lain MU juga kini sudah menekankan pada penandatanganan bakat muda Inggris. Itu bisa berarti Brooks bisa berakhir di Old Trafford musim panas ini.

Jika Brooks jadi bergabung dengan MU, ada tiga kemungkinan formasi yang bisa dilakukan dengan pemain berusia 23 tahun itu.

Simak Video Manchester United Berikut Ini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4-2-3-1

Manchester City Bungkam Bournemouth di Etihad
Perbesar
Pemain Bournemouth David Brooks (kiri) membawa bola usai mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Ethiopia di Manchester, Inggris (15/7/2020). Manchester City menang tipis 2-1 atas Bournemouth. (Laurence Griffiths / Pool via AP)

Penurunan kualitas di sepertiga akhir ketika Bruno Fernandes tidak bermain terlihat jelas. Dan Brooks memiliki potensi untuk memberikan percikan kreatif ketika Fernandes sedang berjuang atau tidak bermain.

Solskjaer menghadapi prospek jadwal yang padat di Liga Inggris musim depan. Jadi kemungkinan akan memberikan kesempatan untuk mengistirahatkan para pemain kunci mengingat partisipasi United di Liga Champions.

Brooks memiliki kualitas untuk mengukir pertahanan terbuka dan menghubungkan lini tengah dengan serangan, dan dia akan menjadi opsi cadangan yang layak untuk Fernandes.

MU saat ini memiliki Jesse Lingard dan Andreas Pereira sebagai alternatif pengganti pemain Portugal itu. Tapi Solskjaer tampaknya juga tidak percaya dan Brooks akan meningkatkan keduanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4-3-3

Chelsea Babak Belur di Kandang Bournemouth
Perbesar
Reaksi kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga (kiri) saat gelandang Bournemouth David Brooks (dua kanan) mencetak gol pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Kedatangan Brooks juga bisa menandakan pergeseran formasi kembali ke pendekatan 4-3-3 yang disukai sebelum kedatangan Fernandes. MU tampil baik melawan enam tim teratas musim lalu, di mana kualitas serangan balik mereka dimanfaatkan paling baik.

Pemain berusia 23 tahun itu bisa berbaris bersama Fernandes di lini tengah untuk memberikan percikan ekstra kreatif dalam permainan jika Paul Pogba diistirahatkan. Itu adalah peran yang akrab dengan Brooks meski hanya bermain 82 menit di posisi itu untuk Bournemouth musim ini. Brooks bermain 545 menit dari lini tengah di musim pertamanya bersama Cherries, mencetak satu gol dan membuat satu assist.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4-4-1-1

Mayoritas waktu Brooks di Bournemouth telah dihabiskan di sayap kanan yang berarti ia bisa menjadi alternatif yang layak jika kepindahan United untuk Jadon Sancho harus terhenti. Dortmund tetap mematok penawaran tinggi terhadap pemain internasional Inggris dan United sejauh ini gagal mencapai kesepakatan dengan tim Bundesliga.

Brooks memiliki kualitas untuk dimainkan dalam peran lanjutan di sisi kanan tetapi juga dapat ditempatkan lebih dalam. Eddie Howe menggunakan Brooks di bek sayap kanan dua kali selama mantranya dengan Cherries yang berarti dia memiliki tingkat kerja yang dibutuhkan untuk membantu di pertahanan.

Fred dan Scott McTominay adalah gelandang terbaik United di paruh pertama musim ini, tetapi keduanya direbut oleh Paul Pogba pasca-lockdown. Ini adalah line-up potensial lainnya ketika pemain Prancis itu diistirahatkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tambah Koleksi

MU terus menambah koleksi pemain muda berbakat. Setan Merah diklaim segera mendapatkan wonderkid milik Barcelona, Marc Jurado.

MU diklaim Goal Internasional sudah mencapai kesepakatan dengan pemuda 16 tahun itu sejak Mei lalu. Namun MU belum bisa mengumumkan secara resmi karena terganjal masalah administrasi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya