Pemain Muda Brasil Serbu Klub Liga 1, PSSI Bantah untuk Naturalisasi di Timnas Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 20 Agu 2020, 20:57 WIB
Diperbarui 20 Agu 2020, 21:00 WIB
Timnas Indonesia U-19
Perbesar
Bek timnas Indonesia -19, Firza Andika (kiri) menerima arahan pelatih Indra Sjafri saat melawan Uni Emirat Arab U-19 pada penyisihan Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Rabu (24/10). Indonesia unggul 1-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa hari terakhir, klub Shopee Liga 1 kedatangan sejumlah pemain muda asal Brasil. Pemain muda tersebut memiliki rata-rata usia dibawah 20 tahun dan sedang menjalani trial bersama beberapa klub.

Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima misalnya, mereka berdua baru saja datang ke Jakarta kemarin dan langsung bergabung bersama Persija untuk latihan bersama.

Menanggapi isu miring terkait rencana naturalisasi, Indra Sjafri, tidak tinggal diam. Direktur Teknik PSSI ini menyatakan bahwa kedatangan pemain muda asal Brasil ke klub Arema FC, Persija dan Madura United ialah murni kebutuhan klub Liga 1.

"Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu murni urusan klub-klub Liga 1,” ujar Indra Sjafri, Kamis (20/08/2020) seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

Ia juga menyatakan bahwa pemain yang akan dipanggil Timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia. Otomatis bagi mereka yang memiliki kebangsaan lain, tidak akan bisa memperkuat Timnas.

2 dari 5 halaman

Fakhri Husaini Kecewa

Tanggapan Fakhri Husaini terkait pemain muda asal Brasil
Perbesar
Tanggapan Fakhri Husaini terkait pemain muda asal Brasil (Instagram @coachfakhri)

Mantan pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini, nampak kecewa mendengar kabar terkait naturalisasi pemain muda yang akan dilakukan PSSI. Ia bahkan memberikan tanggapan langsung terkait kekecewaannya di akun media sosial pribadinya.

“Jika memang PSSI sudah kehilangan rasa percaya dirinya terhadap para pemain lokal, serahkan saja status tuan rumah Piala Dunia U-20 kepada negara lain,” ujar Fakhri dalam akun Instagram pribadinya.

3 dari 5 halaman

Sudah Ada yang Direkrut

KLUB AREMA
Perbesar
AREMA (Liputan6.com/Abdillah)

Sebelumnya, Pedro Henrique Bartoli Jardim dan Hugo Guilherme Correa Grillo baru saja bergabung bersama Arema FC kemarin.

Hari ini, Manajemen Arema FC mengumumkan bahwa pemain muda asal Brasil tersebut resmi berseragam Singo Edan. General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, juga tak menampik bahwa kedua pemain tersebut bisa dinaturalisasi oleh PSSI atau pemerintah.

Ruddy juga mengatakan bahwa pemain muda asal Brasil ini bisa menjadi investasi jangka panjang bagi Arema FC. Namun, ia tidak mengatakan secara gamblang mengenai pemain muda asal Brasil ini dengan proyek PSSI pada Piala Dunia U-20 mendatang.

4 dari 5 halaman

Fokus Piala AFC U-19

Aksi Timnas Indonesia U-19 Saat Tahan Imbang Korea Utara
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia U-19 berpose bersama jelang melawan Korea Utara pada kualifikasi Grup K Piala AFC U-19 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11/2019). Laga berakhir imbang 1-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Walaupun banyak berhembus kabar miring terkait pemain naturalisasi, Indra Sjafri menegaskan bahwa saat ini timnas U-19 sedang fokus melakukan TC di Jakarta sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 bulan Oktober 2020 di Uzbekistan.

"Saat ini kami terus mengasah kemampuan pemain jelang mengikuti turnamen Piala AFC U-19. Coach Shin Tae-yong terus memberikan berbagai menu latihan kepada pemain. Selanjutnya sebelum ke Piala AFC U-19 di Uzbekistan, kami akan melaksanakan TC di luar negeri terlebih dahulu," tambah Indra Sjafri.

Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran pada ajang Piala AFC U-19 yang akan berlangsung pada Oktober nanti. (Mg-Dzaky Nurcahyo)

5 dari 5 halaman

Simak Video Liga 1 Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓