Sukses

Road to Final Liga Europa Sevilla: Comeback Sempurna atas MU Kukuhkan Dominasi

Sevilla juga bisa dibilang merupakan klub spesialis turnamen ini. Mereka selalu memenangkan laga pada 5 final sebelumnya yang berujung trofi Liga Europa

Liputan6.com, Jakarta Inter Milan dan Sevilla akan berhadapan di partai puncak untuk memperebutkan gelar juara Liga Europa musim 2019/20. Partai final Liga Europa berdasarkan jadwal akan digelar Sabtu 22 Agustus 2020 di RheinEnergie, Ko eln. Rencananya, laga final ini akan disiarkan langsung SCTV dan live streaming di Vidio.

Bagi Sevilla ini adalah partai final untuk keenam kalinya. Klub Liga Spanyol ini selalu memenangkan laga pada 5 final sebelumnya yang berujung trofi Liga Europa, yakni pada 2006, 2007, 2014, 2015, dan 2016.

Los Rojiblancos -julukan lain Sevilla, memang merupakan klub tersukses di kompetisi tersebut. Liga Europa jadi kendaraan bagi mereka untuk mengukuhkan diri di dalam sejarah sepak bola.

Sevilla juga bisa dibilang merupakan klub spesialis turnamen ini. Ditambah dengan edisi kali ini, mereka tercatat telah sebanyak enam kali melaju ke partai puncak Liga Eropa.

Jumlah tersebut dua kali lebih banyak dari tim mana pun sepanjang bergulirnya penyelenggaraan kompetisi Liga Eropa. Tentunya menjadi hal yang menarik untuk dinanti apakah lawan Sevilla di partai final kali ini akan mampu menghentikan dominasi tersebut.

Simak Video Sevilla Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perjalanan Sevilla

Berdasarkan hasil undian UEFA, sebanyak 48 tim telah dibagi ke dalam 12 grup Liga Europa 2019-2020. Dan, Sevilla berada di Grup A. Wakil Spanyol itu berada segrup dengan APOEL FC, Qarabag, dan Dudelange.

Sevilla kemudian menjadi satu-satunya tim yang meraih hasil sempurna hingga matchday keempat fase grup Liga Europa. Mereka mengunci satu tiket ke babak 32 besar usai menumbangkan Dudelange 5-2 di Luksembourg.

3 dari 5 halaman

Juara Grup

Hasil ini membuat Sevilla dipastikan lolos sebagai juara Grup A dengan dua laga tersisa. Sevilla terlalu tangguh bagi Apoel Nicosia, Qarabag, dan Dudelange.

Sevilla kemudian berhasil lolos ke babak 8 besar Liga Europa usai mengalahkan AS Roma dengan skor 2-0 dalam laga yang hanya digelar dalam satu leg di Stadion Schainsland Reisen Arena, 7 Agustus 2020 lalu.

Dua gol kemenangan Sevilla atas AS Roma masing-masing dicetak oleh Sergio Reguilon dan Youssef En-Nesyri keduanya di babak pertama.

4 dari 5 halaman

Dramatis

Di babak 8 besar, Sevilla harus bertemu Wolverhampton. Sevilla akhirnya mencapai babak empat besar setelah menang 1-0 atas Wolvehampton pada laga perempat final di Stadion MSV-Arena, Jerman.

Los Nervionenses pun lolos ke semifinal dan berhadapan dengan Manchester United (MU). Dalam pertandingan yang cukup dramatis, Sevilla berhasil menyingkirkan MU dari Liga Europa di Rhein Energie Stadium, Koln, Jerman. Sevilla menang 2-1 atas MU.

Wakil Inggris itu unggul terlebih dahulu berkat penalti Bruno Fernandes di menit ke-9. Namun Sevilla membalas lewat gol Suso di menit ke-26 dan Luuk de Jong pada menit ke-78.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.