Sukses

Gelar Piala Menpora Esport 2020, Zainudin Amali Anggap Ini Olahraga Terbaik Selama Pandemi

Piala Menpora Esport 2020 digelar untuk menggantikan olahraga secara langsung menjadi olahraga virtual selama Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 tahun, Piala Menpora Esport 2020 resmi dibuka, Senin (17/08/2020). Kompetisi yang dikhususkan bagi kalangan pelajar ini sangat didukung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Ia mengatakan bahwa Esport merupakan terobosan baru untuk menggantikan olahraga secara langsung menjadi olahraga virtual. Hal ini guna mendukung upaya pemerintah memerangi Covid-19 di Indonesia.

“Di tengah Pandemi yang melanda negeri ini, kami di Kemenpora memutar otak secara keras untuk menemukan sesuatu yang bisa menggantikan kegiatan lapangan. Salah satunya Esport, olahraga ini masih memungkinkan untuk dipertandingkan dan diikuti oleh banyak orang," ujar Zainudin seperti dilansir dari situs Kemenpora.

Lebih lanjut, ajang ini juga digunakan untuk mencari bibit-bibit baru agar regenerasi tidak terputus. Pemerintah juga mendukung secara penuh, nantinya wahana bertanding bagi para penggiat dan penggerak akan terus disediakan.

"Kita sudah juara dunia maka tidak boleh lagi turun peringkatnya, untuk itu dalam mempertahankan harus mempersiapkan para atlet kita secara berlapis berjenjang dan regenerasi tidak putus, itu yang menjadi konsen kami untuk semua cabang olahraga," pungkas Zainudin.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Info Pertandingan

Piala Menpora Esport 2020 sendiri akan dikhususkan bagi kalangan pelajar, mulai dari SMP, SMA dan universitas sederajat berusia 14-24 tahun. Nantinya gelaran ini akan dilaksanakan full secara online dari rumah masing-masing agar tidak ada kerumunan.

Game yang akan dipertandingkan dalam ajang ini hanyalah Mobile Legends yang masing-masing akan beranggotakan 5 orang pemain dari wilayah yang sama. Jadi peserta harus berasal dari satu sekolah atau universitas yang sama ketika mendaftar.

3 dari 4 halaman

Skema Pertandingan

Antusias para pelajar Indonesia dalam mengikuti ajang ini begitu besar, terbukti sejak dibukanya pendaftaran pada siang hari kemarin sudah mencapai 14.410 atlet atau 2.882 tim dari penjuru Indonesia.

Nantinya pihak panitia penyelenggara akan melakukan verifikasi dan seleksi terhadap peserta yang mendaftar, sebab hanya 2048 tim yang akan bertanding dan dibagi menjadi empat kloter. Kemudian dari setiap kloter akan ada delapan tim yang berhak bertanding di Grand Final Piala Menpora Esports 2020.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

17 Agustus 2020

Pendaftaran Piala Menpora Esport 2020

25 Agustus-30 Agustus 2020

Kualifikasi Kloter 1

1 September-6 September 2020

Kualifikasi Kloter 2

8 September-13 September 2020

Kualifikasi Kloter 3

16 September-20 September 2020

Kualifikasi Kloter 4

3 Oktober-4 Oktober 2020

Grand Final Piala Menpora Esport 2020

(Mg-Dzaky Nurcahyo)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.