Sukses

Libur 4 Hari, Timnas U-19 Lanjutkan TC Sebelum ke Luar Negeri

Sejauh ini PSSI belum memutuskan di mana lokasi TC timnas. Opsi yang tersedia adalah Korea Selatan dan Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Manajer pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan waktu libur bagi pemain U-19 hingga Rabu (19/8/2020). Setelah itu skuat melanjutkan pemusatan latihan (TC) sebelum berangkat ke luar negeri.

Sejauh ini PSSI belum memutuskan di mana lokasi TC timnas U-19. Opsi yang tersedia adalah Korea Selatan dan Eropa.

"Pemain akan kembali latihan Kamis, 20 Agustus mendatang hingga berangkat TC ke luar negeri. Setelah TC di luar negeri kami langsung berangkat menuju Uzbekistan untuk mengikuti turnamen Piala AFC U-19 2020 mulai 14 Oktober mendatang," tukas ungkapnya, dilansir situs resmi PSSI.

Timnas U-19 masuk Grup A pada Piala AFC 2020 bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Garuda Muda memulai kampanye melawan Kamboja, dilanjutkan Iran, dan ditutup duel versus tuan rumah.

Shin Tae-yong semula memanggil 46 pemain untuk timnas U-19. Dia kemudian mencoret 11 nama. 

Saksikan Video Timnas Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lanjutan TC Timnas Senior

Shin Tae-yong juga merencanakan TC lanjutan bagi timnas senior. Sebelumnya dia menghentikan kegiatan hari ini karena tidak adanya agenda kompetisi di sisa tahun.

"Dengan ditundanya tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022, kami punya waktu untuk dapat melihat lebih banyak pemain. Kami berencana melakukan TC untuk timnas senior pada bulan November atau Desember nanti," ungkap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

3 dari 4 halaman

Dikembalikan ke Klub

Timnas senior Indonesia mengakhiri pemusatan latihan di Jakarta, Sabtu (15/8/2020). Pemain akan dikembalikan ke klub untuk bersiap menghadapi kembali bergulirnya Shopee Liga 1 2020.

Keputusan ini juga diambil berdasar hampanya jadwal timnas senior di sisa tahun. Dua agenda yang semestinya diikuti, yakni kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020, urung digelar akibat pandemi Covid-19.

"Untuk timnas senior PSSI mengembalikan mereka ke klub masing-masing karena Oktober kompetisi Liga 1 2020 kembali bergulir lagi. Saya berterima kasih kepada pemain yang sudah berlatih dengan tekun," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dilansir situs resmi federasi.

4 dari 4 halaman

Latihan Molor

Pada TC kali ini, timnas senior dan U-19 sudah berkumpul di Jakarta sejak 23 Juli. Namun, karena menjalani protokol kesehatan, mereka baru mulai berlatih di lapangan pada 7 Agustus.

"Pada tiga hari awal latihan di lapangan, kami memberikan materi latihan yang ringan. Setelah itu latihan dengan normal. Mental dan semangat pemain sangat tinggi pada TC kali ini. Tentu sangat bagus untuk perkembangan Timnas Indonesia," kata sosok berusia 51 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.