Sukses

Senior Bebas Tugas, Timnas U-16 dan U-19 Indonesia Lanjutkan Persiapan

Timnas U-16 dan U-19 Indonesia masing-masing mengikuti Piala AFC tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas senior Indonesia bisa berleha-leha di sisa 2020. Pasalnya, dua ajang yang semula hendak diikuti ditunda penyelenggaraannya.

Semula timnas senior dijadwalkan mengikuti tiga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF. Namun, dua ajang itu diundur karena pandemi Covid-19. 

Meski begitu, timnas junior tidak bisa santai. Turnamen yang berlangsung pada 2020 hingga kini tetap berjalan. Piala AFC U-19 dijadwalkan digelar pada 14 hingga 31 Oktober di Uzbekistan. Untuk Piala AFC U-16 dihelat pada 25 November hingga 12 Desember di Bahrain.

“Meski begitu, hal tersebut bakal menjadi pembahasan di Komite Kompetisi AFC. Setiap federasi dan negara anggota AFC diperkenankan untuk memberikan masukan terkait kedua turnamen tersebut,” jelas Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dilansir situs resmi federasi.

Persiapan mereka pun tetap berjalan. Di bawah komando Shin Tae-yong, timnas U-19 melangsungkan pemusatan latihan bersama Evan Dimas dan kawan-kawan di Jakarta. Sementara timnas U-16 menggelar TC di Bekasi bersama Bima Sakti.

Saksikan Video Timnas Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas U-19

Timnas U-19 hendak menggunakan Piala AFC di Uzbekistan sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021. Indonesia bakal jadi tuan rumah ajang tersebut. 

Pada turnamen di Uzbekistan, timnas tergabung di Grup A bersama Kamboja, Iran, dan tuan rumah.

3 dari 3 halaman

Timnas U-16

Timnas Indonesia U-16 menjalani TC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 9-30 Agustus 2020. Pelatih Bima Sakti Tukiman merekrut 30 pemain untuk kesempatan kali ini.

TC ini merupakan kegiatan lanjutan Garuda Muda dari bulan lalu. Bima Sakti mendatangkan kembali 18 pemain yang sempat mengikuti TC timnas U-16 sebelumnya. Dia juga merekrut 12 pemain baru.

Pada Piala AFC U-16, Alexandro Felix Kamuru dan kawan-kawan berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.

Tim yang melaju hingga semifinal Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 di Peru. Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang tampil pada turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.