Sukses

Konyol, Marc Marquez Ternyata Harus Kembali Operasi karena Membuka Jendela

Marc Marquez terlibat kecelakaan di seri pertama MotoGP 2020 sehingga membuatnya operasi. Langsung coba membalap, dia kemudian harus kembali naik meja bedah.

Liputan6.com, Brno - Fakta baru terungkap di balik cedera rider Repsol Honda Marc Marquez. Ternyata pembalap berusia 27 tahun itu mengalami masalah karena urusan domestik.

Team Manager Repsol Honda Alberto Puig menyebut peristiwa itu bukan penyebabnya. "Marquez merasakan sakit ketika coba membuka jendela. Kami lalu memeriksa dan ditemukan plat sudah patah," kata Puig, dikutip situs resmi MotoGP.

Semula diduga Marquez harus menjalani operasi kedua karena memaksa tampil pada latihan bebas MotoGP Andalusia, 25 Juli. Plat yang menahan tulangnya yang patah rusak sehingga harus naik meja bedah, 3 Agustus.

Puig tidak memungkiri masalah terbaru ini muncul karena Marquez coba kembali membalap di Sirkuit Jerez. Tangannya yang sudah cedera dipaksa bekerja berlebihan sehingga semakin rapuh.

"Namun, dia coba mengikuti MotoGP Andalusia karena dokter mengeluarkan lampu hijau. Kami juga tidak bakal membiarkannya membalap jika plat sudah patah," ungkap Puig.

 

Saksikan Video Marc Marquez Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nilai Positif

Puig masih menemukan nilai positif di balik musibah ini. Setidaknya Marquez cedera di dalam rumah dan bukan saat membalap atau naik motor.

"Jika demikian, konsekuensi yang diterimanya bisa lebih besar. Sekarang kami akan memonitor kondisinya dan menunggu kapan dia bisa kembali," kata Puig.

3 dari 4 halaman

Absen Lama

Marquez menderita patah humerus kanan usai kecelakaan di MotoGP Spanyol pada 19 Juli. Dia kemudian menjalani operasi pertama dua hari berselang.

Alhasil Marquez bakal absen di MotoGP Republik Ceko akhir pekan ini. El Periodico, media berbasis Barcelona, bahkan memprediksi dia baru tampil pada balapan di Misano bulan depan.

Jika benar demikian, Marquez harus absen di lima seri dan peluang mempertahankan gelar juara dunia MotoGP menipis.

4 dari 4 halaman

Pembalap Pengganti

Repsol Honda kemudian menunjuk Stefan Bradl seagai pengganti Marc Marquez untuk MotoGP Republik Ceko, akhir pekan ini. "Pembalap penguji Stefan Bradl akan menunggangi Honda RC213V di Brno," tulis keterangan resmi Repsol Honda.

Sebelumnya Repsol Honda hanya mengandalkan Alex Marquez ketika sang kakak absen akibat cedera. Mereka merasa tidak perlu menunjuk rider pengganti karena yakin Marc segera pulih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.