Warganet Berharap Marc Marquez Tidak Terburu-buru Kembali ke Lintasan MotoGP

Oleh Harley Ikhsan pada 06 Agu 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 06 Agu 2020, 17:00 WIB
Marc Marquez
Perbesar
Marc Marquez mulai mewaspadai potensi rekannya Jorge Lorenzo di MotoGP Jerez (Gabriel Buoys/AFP)

Liputan6.com, Barcelona - Rider Repsol Honda Marc Marquez bicara untuk pertama kali setelah menjalani operasi kedua menyusul cedera yang dideritanya. Melalui media sosial, Marquez mengucapkan terima kasih kepada penggemar yang memberi dukungan.

"Kita bisa terjatuh. Namun jadi kewajiban untuk selalu bangkit," tulis Marquez.

Semangat Marquez mendapat reaksi positif dari warganet. Mereka mendoakan yang terbaik bagi juara dunia MotoGP enam kali tersebut.

"Tetap kuat. Saya harap Anda pulih secepat mungkin," tulis @AdSniper7.

Sementara warganet yang lain meminta Marquez tidak terburu-buru kembali ke lintasan. Dia diharapkan menempuh waktu yang dibutuhkan agar fisiknya kembali seratus persen.

"Tubuh Anda butuh pemulihan. Mungkin kamu jarang dengar ini, tapi jangan terlalu cepat Marc," kata @Thitazz.

Terlalu Memaksa

Marc Marquez
Perbesar
Marc Marquez mengirim pesan usai operasi kedua. (Instagram)

Marquez harus naik meja bedah untuk kali kedua, Senin (3/8/2020), karena plat yang dipasang dari operasi pertama rusak. Masalah ini muncul karena keinginannya kembali secepat mungkin.

Dia mengalami cedera patah humerus kanan usai kecelakaan di MotoGP Spanyol pada 19 Juli. Marquez lalu menjalani operasi beberapa hari kemudian. Namun, dia mengikuti latihan bebas MotoGP Andalusia yang berlangsung 25 Juli.

Marquez akhirnya merasa tidak bisa tampil di balapan yang berlangsung sehari kemudian. Kini dia juga tidak dapat mengikuti MotoGP Republik Ceko di Sirkut Brno akhir pekan ini.

Estimasi Pulih

Marc Marquez
Perbesar
Marc Marquez cedera usai seri pembuka MotoGP 2020. (Twitter)

El Periodico, media berbasis Barcelona, menyebut Marquez juga bakal melewatkan dua seri lain yang berlangsung di Red Bull Ring, Austria, pada 16 dan 23 Agustus. Marquez diperkirakan baru siap menjajal balapan selanjutnya di Misano, Italia, pada 13 September.

Jika benar, kabar ini bakal membuat perjuangan Marquez mempertahankan gelar juara dunia MotoGP semakin sulit. Saat ini dia sudah tertinggal 50 poin dari rider Petronas Yamaha Fabio Quartararo.

Jika benar absen tiga seri lagi, Marquez berpotensi tercecer 125 angka. Sementara kompetisi berjalan singkat. Hanya tersisa sembilan seri selepas balapan di Red Bull Ring.

Pembalap Pengganti

Stefan Bradl (AFP)
Perbesar
Stefan Bradl (AFP)

Repsol Honda kemudian menunjuk Stefan Bradl seagai pengganti Marc Marquez untuk MotoGP Republik Ceko, akhir pekan ini. "Pembalap penguji Stefan Bradl akan menunggangi Honda RC213V di Brno," tulis keterangan resmi Repsol Honda.

Sebelumnya Repsol Honda hanya mengandalkan Alex Marquez ketika sang kakak absen akibat cedera. Mereka merasa tidak perlu menunjuk rider pengganti karena yakin Marc segera pulih.

Saksikan Video Marc Marquez Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓