Sukses

Iker Casillas Pensiun, Lionel Messi: Anda Lawan yang Tangguh

Iker Casillas memutuskan pensiun setelah lebih dari dua dekade berkarier di lapangan hijau.

Liputan6.com, Jakarta Bintang Barcelona, Lionel Messi ikut memberi penghormatan terhadap Iker Casillas yang baru saja memutuskan pensiun sebagai pemain. Pemain yang dijuluki La Pulga itu menganggap Saint Iker-julukan Iker Casillas-- sebagai salah satu kiper paling tangguh yang pernah dihadapinya.

Iker Casillas memutuskan pensiun setelah dua dekade lebih berkarier di lapangan hijau. Kiper yang juga kapten Spanyol memenangkan Piala Dunia 2010 itu gantung sarung tangan pada 4 Agustus 2020.

Lewat akun media sosial, Casillas yang bermain untuk FC Porto menyampaikan keputusan itu dengan lapangan dada. Keputusan ini segera menuai beragam tanggapan dari insan sepak bola dunia. 

"Iker pensiun hari ini, tapi statusnya sebagai legenda permainan ini sudah dipastikan jauh sebelumnya--bukan karena dia merupakan salah seorang pemain terbaik La Liga tapi dia juga telah memenangkan berbagai trofi di level internasional," ujar Messi seperti dilansir dari AS.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan untuk Casillas

Messi tidak lupa menyampaikan pesannya secara langsung kepada Casillas. "Anda adalah kiper yang fantastis dan saya harus katakan Anda juga musuh yang sangat tangguh," ujar pemain Argentina itu.

"Melihat ke belakang, saya pikir itu adalah rivalitas yang spesial yang mendorong kita semua mencapai level yang baru setiap kita berhadapan satu dengan yang lain," beber Messi.

 

3 dari 3 halaman

Pujian untuk Messi

Casillas dan Messi sebelumnya kerap bertemu di lapangan hijau. Duel mereka selalu berjalan dalam tensi tinggi mengingat besarnya rivalitas Real Madrid dan Barcelona di pentas La Liga. 

Saat meninggalkan Real Madrid, 2015 lalu, Casillas sempat menyampaikan pandangannya tentang Messi. Tanpa sungkan, Casillas mengaku sangat sulit menebak arah pergerakan La Pulga. 

"Penyerang terbaik yang pernah saya hadapi di lapangan? Messi," jawab Casillas saat itu. 

"Saya sudah sering berhadapan dengannya, dan tidak ada keraguan tentang itu," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.