6 Fakta Menarik Sukses Arsenal Rebut Trofi Piala FA ke-14

Oleh Defri Saefullah pada 02 Agu 2020, 13:37 WIB
Diperbarui 02 Agu 2020, 13:37 WIB
Arsenal vs Chelsea
Perbesar
Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang mengangkat trofi Piala FA setelah mengalahkan Chelsea pada pertandingan final Piala FA di stadion Wembley, London, Minggu (2/8/2020) dini hari. Arsenal juara Piala FA setelah menang dengan skor 2-1. (Catherine Ivill/Pool via AP)

Liputan6.com, Jakarta Arsenal berhasil merebut trofi Piala FA usai mengalahkan Chelsea 2-1 di laga final yang berlangsung di stadion Wembley, London, Sabtu (1/8/2020). Dua gol Pierre Emerick Aubameyang mengubur harapan Chelsea rebut trofi.

Arsenal menjadi raja di Piala FA. Tampil 21 kali final Piala FA, The Gunners berhasil menjadi juara 14 kali.

Kemenangan ini menjadi kado indah bagi Arsenal. Maklum, mereka mengakhiri Liga Inggris di posisi 8.

Keberhasilan di Piala FA pun membuat Arsenal lolos ke Liga Europa musim depan. Sedangkan Chelsea memang tak memiliki pengaruh apapun dengan kekalahan ini.

Namun kegagalan ini membuat Frank Lampard tak jadi menang trofi di debutnya sebagai pelatih Chelsea. Berikut beberapa fakta menarik yang pantas ditilik usai Arsenal juara Piala FA:

 

2 dari 4 halaman

Fakta Menarik

Arsenal Vs Chelsea
Perbesar
Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, mencetak gol melalui penalti ke gawang Chelsea pada laga final Piala FA di Stadion Wembley, London, Sabtu (1/8/2020). Arsenal menang 2-1 atas Chelsea. (Catherine Ivill/Pool via AP)

1. Mikel Arteta mengikuti jejak George Graham pada 1986-1987 yang mampu rebut trofi di debut sebagai manajer.

2. Mikel Arteta juga tercatat sebagai orang pertama yang bisa menjuarai Piala FA baik sebagai kapten maupun manajer.

3. Mateo Kovacic, gelandang Chelsea menjadi pemain keenam yang dikartumerah di final Piala FA. Pada 2017, giliran Victor Moses yang dikartumerah dan itu juga saat menghadapi Arsenal.

 

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik

PiePierre-Emerick Aubameyangrre-Emerick Aubameyang
Perbesar
Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang (tengah) menjatuhkan trofi saat merayakan gelar juara Piala FA usai mengalahkan Chelsea pada pertandingan final Piala FA di stadion Wembley, Minggu (2/8/2020). Aubameyang terlihat kaget sambil memegang kepalanya saat trofi terjatuh. (Adam Davy/Pool via AP)

4. Pierre Emerick Aubameyang menjadi pemain kelima yang mampu cetak 2 gol atau lebih di stadion Wembley. Sebelumnya ada Ian Wright, Bryan Robson, Ian Rush dan Eric Cantona.

5. Aubameyang juga ternyata menjadi pemain paling tua yang mencetak gol untuk Arsenal di final Piala FA sejak 1932 oleh Bob John (33 tahun, 80 hari). Sedangkan Auba 31 tahun 44 hari

6. Cristian Pulisic menjadi pemain Amerika Serikat pertama yang mencetak gol di final Piala FA. Willy Cabalero, kiper Chelsea menjadi yang tertua tampil di final Piala FA setelah 38 tahun 308 hari.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Arsenal di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓