Ini Tim Paling Sial di Final Piala FA, Gagal Menang di 4 Kesempatan

Oleh Harley.Ikhsan pada 31 Jul 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 31 Jul 2020, 08:00 WIB
Piala FA logo trofi FA Cup
Perbesar
Piala FA. (Dok: thefa.com)

Liputan6.com, London - Banyak kisah menarik dari Piala FA. Cerita–cerita tersebut muncul karena kompetisi sudah berusia lebih dari satu abad.

Piala FA merupakan turnamen sepak bola tertua di dunia. Ajang ini sudah berlangsung sejak 1871 alias 149 tahun yang lalu.

Salah satunya menyeret Leicester City. The Foxes menyandang status sebagai tim tersial setelah mencatat penampilan terbanyak di laga puncak tanpa kemenangan.

Setelah susah payah berjuang masuk final, meka selalu tumbang dalam empat kesempatan. Hasil negatif tersebut diderita dari lawan berbeda.

Salah satu penyebab keterpurukan Leicester City adalah mandulnya lini depan. Mereka hanya bisa mencetak dua gol. Di sisi lain, gawang The Foxes robek sembilan kali di final Piala FA.

2 dari 5 halaman

2 Final Pertama

ilustrasi the FA cup
Perbesar
ilustrasi the FA cup (Liputan6.com/Abdillah)

Musim 1948/1949 jadi debut Leicester City di final Piala FA. Lawan ketika itu adalah Wolverhampton Wanderers.

Leicester City sudah tertinggal dua gol di babak pertama akibat ulah Jesse Pye. Meski sempat memperkecil kedudukan tidak lama selepas jeda melalui Mal Griffiths, The Foxes akhirnya tumbang 1-3 karena gol Sammy Smyth.

Setelah itu Leicester City harus menunggu lama sebelum kembali mencapai final. Penantian selesai pada 1960/1961. Kali ini Tottenham Hotspur menghadang.

Namun, mereka tidak mampu mencetak gol. Sementara Bobby Smith and Terry Dyson menyumbang angka bagi Spurs di babak kedua.

3 dari 5 halaman

2 Final Selanjutnya

ilustrasi Sepak Bola
Perbesar
ilustrasi Sepak Bola (Liputan6.com/Abdillah)

Leicester City kembali masuk final pada 1962/1963. Lagi-lagi The Foxes terlambat panas dan tertinggal dua gol Denis Law dan David Herd.

Ken Keyworth sempat memberi harapan bagi mereka, sebelum Herd mencetak gol keduanya.

Penampilan terakhir Leicester City di partai pamungkas Piala FA terjadi musim 1968/1969. Meladeni Manchester City, mereka takluk akibat gol tunggal Neil Young.

4 dari 5 halaman

Tim Sial Lain

ilustrasi Sepak Bola
Perbesar
ilustrasi Sepak Bola (Liputan6.com/Abdillah)

Selain Leicester City, ada empat tim yang juga lebih dari sekali menembus final Piala FA tapi gagal juara. Mereka adalah Queen's Park, Birmingham City, Crystal Palace, dan Watford. Masing–masing selalu tumbang di dua penampilan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Piala FA Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓