Sukses

Resmi, Piala AFF 2020 Ditunda Setahun akibat Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi membatalkan gelaran Piala AFF 2020. Turnamen bakal ditunda setahun.

Pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan jadi alasan di balik keputusan AFF. Mereka mengutamakan kesehatan peserta, panitia, dan penonton.

"Dengan keputusan ini, kami ingin memastikan keselamatan semua yang terlibat di Piala AFF," kata Presiden AFF Khiev Sameth, dikutip situs resmi federasi.

Piala AFF jadi turnamen sepak bola kesekian yang urung berlangsung tahun ini karena virus Corona. Beberapa yang terlebih dahulu memutuskan memundurkan kalender adalah Piala Eropa dan Copa America.

Sedianya Piala AFF 2020 berlangsung pada 23 November hingga 31 Desember. AFF selanjutnya akan berkoordinasi untuk menentukan waktu pelaksanaan baru kompetisi.

 

Saksikan Video Piala AFF Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turnamen Prestisius di Asia Tenggara

Piala AFF merupakan turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara. Kompetisi ini menggunakan format home and away.

Pada edisi terakhir di 2018, lebih dari 750 ribu penonton hadir menyaksikan pertandingan. Besarnya jumlah suporter itu menjadi tantangan bagi panitia untuk melaksanakan turnamen tahun ini dibayangi pandemi Covid 19.

3 dari 4 halaman

Persiapan Timnas Indonesia

Timnas senior Indonesia saat ini tengah bersiap memulai pemusatan latihan menyambut turnamen tersebut. Kini Evan Dimas dan kawan-kawan tinggal fokus ke tiga laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Indonesia bakal menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam pada periode Oktober-November. 

4 dari 4 halaman

Indonesia Belum Juara

Meski tercatat sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia belum pernah jadi juara Piala AFF. Timnas lima kali kalah di final. 

Thailand adalah tim tersukses dengan koleksi lima titel. Sementara juara bertahan adalah Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.