Resmi, Piala AFF 2020 Ditunda Setahun akibat Pandemi Covid-19

Oleh Harley.Ikhsan pada 30 Jul 2020, 18:54 WIB
Diperbarui 30 Jul 2020, 18:54 WIB
AFF Logo
Perbesar
Piala AFF 2020 ditunda setahun karena pandemi Covid-19. (Bola.com/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi membatalkan gelaran Piala AFF 2020. Turnamen bakal ditunda setahun.

Pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan jadi alasan di balik keputusan AFF. Mereka mengutamakan kesehatan peserta, panitia, dan penonton.

"Dengan keputusan ini, kami ingin memastikan keselamatan semua yang terlibat di Piala AFF," kata Presiden AFF Khiev Sameth, dikutip situs resmi federasi.

Piala AFF jadi turnamen sepak bola kesekian yang urung berlangsung tahun ini karena virus Corona. Beberapa yang terlebih dahulu memutuskan memundurkan kalender adalah Piala Eropa dan Copa America.

Sedianya Piala AFF 2020 berlangsung pada 23 November hingga 31 Desember. AFF selanjutnya akan berkoordinasi untuk menentukan waktu pelaksanaan baru kompetisi.

 

2 dari 5 halaman

Turnamen Prestisius di Asia Tenggara

Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Perbesar
Suporter Timnas Indonesia memberikan dukungan saat melawan Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Piala AFF merupakan turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara. Kompetisi ini menggunakan format home and away.

Pada edisi terakhir di 2018, lebih dari 750 ribu penonton hadir menyaksikan pertandingan. Besarnya jumlah suporter itu menjadi tantangan bagi panitia untuk melaksanakan turnamen tahun ini dibayangi pandemi Covid 19.

3 dari 5 halaman

Persiapan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia
Perbesar
Evan Dimas dkk. merayakan gol ke gawang Laos pada penyisihan Grup A Piala AFF 2014. (AFP/STR)

Timnas senior Indonesia saat ini tengah bersiap memulai pemusatan latihan menyambut turnamen tersebut. Kini Evan Dimas dan kawan-kawan tinggal fokus ke tiga laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Indonesia bakal menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam pada periode Oktober-November. 

4 dari 5 halaman

Indonesia Belum Juara

gal-malaysia-indonesia-121201-logo1.jpg
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia, Samsul Arif diganjal Pemain Malaysia,Mohamad Aidil dalam Laga Piala AFF Suzuki 2012 antara Malaysia vs Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. pertandingan berakhir dengan skor 2-0 untuk Malaysia.

Meski tercatat sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia belum pernah jadi juara Piala AFF. Timnas lima kali kalah di final. 

Thailand adalah tim tersukses dengan koleksi lima titel. Sementara juara bertahan adalah Vietnam.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Piala AFF Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓