Sukses

Timnas Indonesia Tes Swab Covid-19, Apa Hasilnya?

Timnas Indonesia bakal mulai berlatih di lapangan pada 1 Agustus mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali mengikuti tes kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Sejauh ini tes menunjukkan hasil baik.

"Dengan demikian kami harapkan para pemain dapat mengikuti latihan perdana di lapangan dipimpin Shin Tae Yong pada 1 Agustus," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat mengunjungi hotel tempa timnas menginap, Kamis (30/7/2020).

"Kali ini kami memang sangat concern pada protokol kesehatan yang sangat ketat," sambungnya dilansir situs resmi PSSI.

Tes kali ini merupakan yang keempat dijalani skuat. Pemain melakukan tes pertama di daerah masing-masing sebelum berkumpul di Jakarta.

"Kemudian di lokasi TC pemain sudah melakukan sekali rapid test dan dua kali swab,” papar Kepala Dokter PSSI dan timnas, Syarif Alwi.

 

Saksikan Video Timnas Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Modal TC ke Korsel

Hasil tes rapid dan swab ini nantinya berguna bagi program timnas selanjutnya. Sesuai keinginan manajer pelatih Shin Tae-yong, PSSI bakal mengirim timnas untuk menggelar TC di Korea Selatan.

"Kami memastikan kerja sama dengan Korsel, agar saat timnas ke sana tak perlu menjalani isolasi selama 14 hari. Karena di sini pemain kita sudah terbukti sehat semua dan hasil swabnya pun ada. Harapannya, begitu tiba di sana bisa langsung latihan sehingga pemain tak terlalu jenuh berada di dalam ruangan saja," jelasnya.

3 dari 4 halaman

TC 2 Timnas

Timnas senior dan U-19 tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2020 di Jakarta. Latihan di lapangan rencananya dimulai pada 1 Agustus 2020.

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tantangan di Sisa Tahun

Timnas senior bakal mengikuti sisa kualifikasi Piala Dunia 2022. PSSI menargetkan hasil maksimal di tiga laga untuk mendongkrak peringkat FIFA.

Sementara timnas U-19 akan berkompetisi di Piala AFC 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Setelah itu, skuat ini diproyeksikan menjadi timnas U-20 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.