Sukses

Alasan Pangeran William Mengganti Nama Final Piala FA 2020

Pangeran William tampil di acara podcast yang dipandu oleh Peter Crouch.

Liputan6.com, Jakarta Pangeran William tampil pada acara Podcast popular di BBC yang dipandu oleh mantan pemain timnas Inggris, Peter Crouch. Lewat acara tersebut, cucu Ratu Elizabeth penguasa Inggris Raya itu tidak hanya membahas mengenai sepak bola saja, tapi juga berkampanye tentang masalah kesehatan mental. 

Seperti dilansir dari BBC, rekaman berlangsung di kediaman Pangeran William di Kensington Palace sebelum Ingrris menerapkan lockdown akibat pandemi virus Corona Covid-19. Dalam acara ini, William menyampaikan alasannya mengubah nama final Piala FA 2020 menjadi Heads Up FA Cup Final. Pihak sponsor Emirates telah menyetuji pergantian nama tersebut. 

"Kami berharap pergantian nama itu merupakan langkah yang cukup besar di mana Inggris akan menunjukkan kepada dunia, dan dunia sepakbola khususnya, bahwa kesehatan mental benar-benar penting," kata William kepada Crouch pada penampilan pertamanya di acara podcast. 

Keterangan resmi yang dirilis Kensington Palace menyebutkan, bahwa Pangeran William dalam beberapa tahun terakhir telah aktif dalam isu kesehatan mental. Dia mendesak semua pihak agar peduli dengan masalah ini melalui gerakan amal bersama organisasi benama Heads Together.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tunggangi Sepak Bola

William yang juga presiden FA berusaha memanfaatkan popularitas sepak bola untuk menyampaikan pesan ini. Sebab menurutnya, kesehatan mental tidak kalah penting dari kesehatan fisik manusia.

"Kita semua punya masalah kesehatan mental dan mental kita semua harus tetap fit," kata William. 

"Membicarakan masalah kesehatan mental itu kekuatan, bukan kelemahan. Anda tahu jika Anda tidak merasa baik, sesuatu mengganggumu, bicarakan hal itu. Itu bukanlah sebuah masalah," beber William.

 

3 dari 4 halaman

Fans Aston Villa

Sepak terjang William di dunia sepak bola sebenarnya bukanlah hal yang baru. Suami Kate Middleton itu selama ini dikenal sebagai penggemar fanatik sepak bola dan merupakan fans setia Aston Villa. 

Dalam sebuah perbincangan dengan mantan pesepak bola dunia, Gary Lineker beberapa waktu lalu, William pernah mengungkapkan alasannya memilih klub asal Birmingham itu. Dalam perbincangan itu, William mengaku sudah menjadi suporter Aston Villa sejak masih berada di bangku kuliah.

"Saat itu, rekan-rekannya mayoritas menyukai Manchester United atau Chelsea. Tapi saya ingin memilih klub yang tidak mainstream, dan pilihanku jatuh kepada Aston Villa," katanya.   

Selain itu, William juga menjabat sebagai presiden Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sejak 2006 lalu. 

 

4 dari 4 halaman

Final Piala FA

Sementara itu, final Piala FA musim ini akan berlangsung di Stadion Wembley, 1 Agustus 2020. Partai puncak akan mempertemukan Arsenal dan Chelsea. Simak jadwalnya di sini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.