Sukses

Kemenparekraf Libatkan Pelaku Parekraf di Gerakan BISA Kota Tua Ampenan

Kemenparekraf kunjungi wilayah ketiga di Nusa Tenggara Barat untuk pelaksanaan Gerakan BISA.

Liputan6.com, Jakarta Gerakan Bersih Indah Sehat Aman (BISA) Kemenparekraf/Baparekraf di Nusa Tenggara Barat menyambangi lokasi ketiga. Destinasi gerakan bisa yang ketiga yaitu Kota Tua Ampenan, Mataram, 26-27 Juli 2020.

Kegiatan ini melibatkan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) di sekitar Mataram.

Kegiatan di Kota Tua Ampenan ini dihadiri Analis Perencanaan SDM Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf Guntur Sakti, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu Moh. Fauzal, serta Camat Ampenan Syamsul Irawan. Selain itu, hadir juga jajaran pemerintah daerah Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Timur, Camat, Danramil, dan pihak kepolisian.

Sekitar 100 pelaku Parekraf di Kota Mataram diajak untuk melakukan gerakan bersih-bersih di beberapa kawasan Kota Tua Ampenan seperti Pondok Perasi, Pabean, serta Kota Tua.

"Gerakan BISA menjadi wujud gotong royong dan keterlibatan berbagai pihak dalam menyiapkan dan meningkatkan kualitas destinasi pariwisata NTB, khususnya Kota Tua Ampenan. Khususnya untuk menyambut wisatawan pasca pandemi nanti," kata Guntur Sakti dalam keterangan persnya.

Saksikan Video Kemenparekraf di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kearifan Lokal

 

Menurutnya, dalam kegiatan ini Kemenparekraf/Baparekraf juga mendedikasikan peralatan cuci tangan dengan memanfaatkan kearifan lokal daerah setempat. Salah satunya penggunaan bong atau guci tempat menaruh air untuk cuci tangan, dan berbagai alat kebersihan sapu lidi, mesin pemotong rumput, tempat sampah dan lain sebagainya.

"Sebagai salah satu destinasi pariwisata, Kota Tua Ampenan memiliki sejumlah potensi parwisata mulai dari bangunan bersejarah, pantai, hingga kuliner. Namun, harus ada pengaturan yang baik bagi pedagang maupun pengunjung di lokasi tersebut," ujar Guntur.

Kota Tua Ampenan menjadi lokasi ketiga yang disinggahi Gerakan BISA Kemenparekraf di NTB. Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan di Desa Wisata Tete Batu, Kabupaten Lombok Timur, dan di Desa Bonjeruk, Lombok Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.