Sukses

Repsol Honda Pastikan Marquez Absen di MotoGP Andalusia 2020

Marc Marquez sejak awal memang diperkirakan bakal absen di seri kedua MotoGP 2020 di Andalucia akhir pekan nanti.

Liputan6.com, Jakarta Repsol Honda telah mengkonfirmasi Marc Marquez tidak akan ikut berlomba di MotoGP Andalusia setelah gagal menetapkan waktu putaran selama kualifikasi di Sirkuit Jerez, Sabtu malam WIB (25/7/2020).

Sebelumnya, sang juara bertahan membuat aksi yang luar biasa di sesi latihan bebas (FP3) MotoGP Andalusia, hanya empat hari setelah menjalani operasi untuk pergelangan tangannya yang patah.

Marquez sempat melewatkan sesi latihan bebas Jumat kemarin, sebelum ia berjuang untuk meraih kecepatan terbaik di FP3 dan FP4.

"Dia sedikit kesakitan," kata bos HRC Alberto Puig. “Pagi ini FP3[ MotoGP Andalusia] itu tidak terlalu buruk, tetapi pemahaman bahwa 'tidak terlalu buruk' masih menyakitkan karena itu patah tulang tetapi dia masih bisa pergi dan rencana untuk sore itu adalah untuk mencoba lari lebih lama.

Simak Video Marc Marquez Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keputusan Terbaik

"Dalam jangka panjang, mungkin karena pangkuan dan panas, ia mulai merasa lebih sakit dan merasa tidak begitu nyaman," ujar Puig.

“Kami memutuskan untuk pergi dengan rencana, untuk datang ke sini, melewati hari Jumat dan mencoba hari Sabtu. Pagi ini seperti ujian untuk melihat apakah dia bisa mengendarai sepeda motor dan itu baik-baik saja, kemudian pada sore hari akhirnya kita melihat itu tidak begitu ke timur. Jadi kami telah memutuskan bahwa yang terbaik adalah tidak balapan.”

3 dari 5 halaman

Pertimbangan Serius

Marquez awalnya diperkirakan bakal absen di seri kedua MotoGP 2020 di Andalucia akhir pekan nanti. Repsol Honda juga sebelumnya sudah pasrah hanya akan menurunkan Alex Marquez di Andalucia.

Namun menurut kabar terbaru yang dilansir media Spanyol El Periodico de Catalunya, Marc Marquez mempertimbangkan dengan serius untuk ikut balapan hanya selang tiga hari usai menjalani operasi.

4 dari 5 halaman

Kabar Baik

Keinginan Marquez untuk ikut balapan di Andalucia tak lepas dari kabar baik yang diterimanya dari Dr Xavier Mir. Marquez tak mengalami kerusakan saraf radial.

"Dia merasa lebih baik dari yang diharapkan karena kami awalnya memiliki beberapa kekhawatiran tentang cedera pada saraf radial," ujar Xavier Mir.

5 dari 5 halaman

Jaga Peluang

Marquez ngotot ingin tampil di Andalucia demi menjaga peluang menjadi juara dunia MotoGP 2020. Dengan terjatuh di Jerez, Marquez tak mendapat poin dan kini tertinggal 25 poin dari Fabio Quartararo.

“Dia baik-baik saja, ceria, seperti biasa, dengan tujuan ingin berusaha memperjuangkan Kejuaraan Dunia ini," lanjut Mir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.