Sukses

Batal ke Amerika, F1 Buka Peluang Tambah 3 Seri Tambahan

Sejauh ini F1 memiliki 13 ajang untuk musim 2020 yang terganggu pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Milan - Formula 1 (F1) berencana menambah tiga balapan lagi untuk musim 2020. Kebijakan itu untuk memenuhi kontrak siaran televisi yakni 15 seri.

Sejauh ini F1 memiliki 13 ajang untuk musim 2020 yang terganggu pandemi Covid-19. Operator baru saja menambah tiga ajang di Nurburgring (Jerman), Algarve (Portugal), dan Imola (Italia), Jumat (24/7/2020).

Ketiganya menggantikan empat Grand Prix di Amerika yakni Kanada, Texas, Meksiko, dan Brasil. "Mengingat sifat pandemi Covic-19 yang berubah-ubah, restriksi lokal, dan pentingnya menjaga masyarakat dan rekan-rekan kami tetap aman, maka tidak mungkin menggelar balapan di Brasil, AS, Meksiko dan Kanada musim ini," tulis pernyataan resmi F1.

Masih ada empat seri yang nasibnya menggantung yakni di Tiongkok, Vietnam, Bahrain, dan Abu Dhabi. Otoritas F1 membidik dua seri di Timur Tengah sebagai penutup musim.

Balapan di Tiongkok kemungkinan batal. Namun, seri Vietnam masih dalam pembicaraan. F1 juga mendekati Malaysia yang sebelumnya tidak masuk kalender.

Saksikan Video F1 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

11 Pembatalan

Nurburgring (Jerman), Algarve (Portugal), dan Imola (Italia) juga sebelumnya tidak dijadwalkan menggelar ajang F1 tahun ini. Ketiganya baru dipilih setelah begitu banyak seri yang dibatalkan.

Total sudah ada 11 balapan yang gagal digelar pada 2020, termasuk Australia, Prancis, Monako, Belanda, Azerbaijan, Singapura, dan Jepang.

 

3 dari 4 halaman

Penambahan 3 Lokasi

Nurburgring akan menggelar balapan bertajuk Grand Prix Eifel, mengambil nama lokasi sirkuit itu di Jerman, pada 11 Oktober.

Grand Prix Portugal di Sirkuit Algarve menempati slot 25 Oktober, yang akan menjadi balapan pertama F1 di Portugal sejak 1996.

Sedangkan Imola menjadi tuan rumah Grand Prix Emilia Romagna pada 1 November. Kehadiran Imola membuat negara tersebut menggelar balapan di tiga lokasi setelah sebelumnya Monza dan Mugello masuk kalender.

4 dari 4 halaman

Lewis Hamilton Berkuasa

F1 2020 sudah menghadirkan tiga balapan, dua di antaranya berlangsung di Red Bull Ring, Austria. Juara bertahan dari Merceders, Lewis Hamilton, memimpin klasemen sementara lewat torehan 63 poin.

Dia unggul lima angka atas rekan setim Valtteri Bottas. Keduanya memimpin cukup jauh atas pembalap Red Bull Max Verstappen (33 poin).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.