Sukses

Seluruh Pemain Timnas Indonesia Nonreaktif COVID-19, Uji Swab Tetap Dilakukan

Tes akan dilanjutkan hari ini untuk mengetahui lebih pasti kemungkinan pemain timnas Indonesia tertular COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Seluruh pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia senior dan U-19 telah berkumpul di salah satu hotel di Jakarta. Sebelum memulai pemusatan latihan bersama pelatih kepala Shin Tae-yong, seluruhnya terlebuh dulu menjalani tes cepat atau rapid test COVID-19, Kamis (23/7/2020). 

Dokter PSSI, Syarif Alwi, seperti situs resmi PSSI, menjelaskan, langkah ini merupakan arahan langsung dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Irawan guna menjaga kesehatan seluruh personel timnas Indonesia

"Sesuai arahan ketua umum PSSI, hari ini kami melakukan pemeriksaan rapid test kepada seluruh pemain dan ofisial timnas Senior dan U-19. Uji itu berjalan dengan lancar dan baik," ujar Syarif. 

Seluruh hasil pemeriksaan menunjukkan status nonreaktif COVID-19. Meski demikian, untuk memastikannya, timnas Indonesia dan U-19 selanjutnya akan menjalani tes usap (Swab) hari ini. 

"Selanjutnya, kami melakukan swab test kepada seluruh pemain dan ofisial," tutur Syarif.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Wajar

Salah satu pemain yang dipanggil untuk mengikuti TC timnas, Ryuji Utomo menganggap tes cepat dan usap tersebut sebagai hal wajar dalam menerapkan protokol kesehatan selama pandemi.

Karena itu, bek yang bermain di klub Persija Jakarta itu pun antusias kembali berkegiatan di lapangan setelah sekitar empat bulan mesti berlatih di rumah karena pandemi COVID-19.

"Saya sudah tidak sabar menanti pemusatan latihan nanti. Sudah lama tidak merasakan rumput lapangan sepak bola. Tentu ini juga merupakan keinginan setiap pemain. Alhamdulillah bisa terpilih pada TC kali ini dan saya akan memberikan yang terbaik," kata Ryuji.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Karantina

Setelah berkumpu, timnas Indonesia selanjutnya akan berlatih di lapangan Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (25/7). TC itu dijadwalkan berlangsung sampai 8 Agustus 2020. 

Shin Tae Yong sendiri telah tiba di Indonesia sejak Rabu lalu. Meski baru pulang dari Korea Selatan, dia tidak tidak diwajibkan untuk menjalani karantina mandiri selama 14 hari. PSSI dan pemerintah memberi kebebasan bagi Shin Tae-yong untuk segera menjalankan tugasnya menangani timnas. 

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Sebelumnya, PSSI telah memanggil 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 untuk mengikuti TC. Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sementara timnas U-19 akan tampil di Piala Asia U-19 2020. 

Jadwalnya:

Timnas Senior

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Timnas U-19

14 Oktober 2020: Indonesia vs Kamboja

14 Oktober 2020: Uzbekistan vs Iran

17 Oktober 2020: Iran vs Indonesia

17 Oktober 2020: Kamboja vs Uzbekistan

20 Oktober 2020: Uzbekistan vs Indonesia

20 Oktober 2020: Kamboja vs Iran

Piala Asia U-19 2020 akan berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.