Sukses

Ribuan Pemuda Ikut Pelatihan Virtual Kemenpora

Saat kejadian bintang Liverpool ini sedang merayakan penyerahan trofi juara Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, mengadakan Kegiatan Diklat Pemberdayaan Pemuda Bidang Literasi Digital Pemuda yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari. Ajang ini dilangsungkan 28-30 Juli 2020 melalui zoom meeting webinar.

Pelaksanaan kegiatan Diklat ini, Selasa (28/7/2020) dibuka oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah, yang sekaligus menjadi keynote speech.

Di dalam laporannya Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON), Tri Winarno menyampaikan jumlah peserta yang mendaftar pada kegiatan ini sebanyak 1.103 orang yang terdiri dari unsur Pelajar, Mahasiswa dan Organisasi Kepemudaan yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia melalui Zoom Meeting sebanyak 500 orang dan sisanya sebanyak 603 orang mengikuti Diklat melalui Live Youtube Channel Official PP-PON Kemenpora.

Dasar dari pelaksanaan kegiatan Diklat Pemberdayaan Pemuda Bidang Literasi Digital ini adalah UU nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan. Dimana PP-PON mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang kepemudaan dan keolahragaan secara nasional.

Tri Winarno menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu Program ke-2 Program Prioritas Kemenpora Tahun 2020-2024 yaitu Pemberdayaan Pemuda Menjadi Kreatif, Inovatif, Mandiri dan Berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini ada beberapa poin. pertama kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan pemuda yang memiliki wawasan, pemahaman serta pengetahuan, sikap dan ketrampilan dibidang Literasi Digital. Kedua, mewujudkan Pemuda di Bidang Literasi Digital yang berkarakter, berkapasitas, mandiri dan berdaya saing. “Dan terakhir untuk meningkatkan jumlah pemuda yang memiliki kemampuan, kompetensi dan ketrampilan serta kualitas personal dibidang Literasi Digital," papar Tri Winarno.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alternatif

Dalam sambutan dan motivasinya, Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah menyampaikan bahwa kita dapat membudayakan literasi pemuda yang dilakukan melalui kegiatan digital communication sebagai alternatif yang harus dilakukan di tengah pandemik.

“Kegiatan literasi belum menjadi suatu kebiasaan dalam keseharian, kita harus melakukan pembacaan dan lebih mengenal situs-situs yang tersedia, dan ini merupakan tantangan yang berat dan merupakan pekerjaan besar kita, karena dengan covid ini, menjadi suatu pelajaran bagi kita untuk dapat mempercepat bagaimana kegiatan literasi digital dikalangan anak muda di Indonesia ini.” kata Faisal.

“Melalui acara ini diharapkan para pemuda lebih banyak mendapatkan pengetahuan dan informasi sehingga kebutuhan literasi digital akan semakin meningkat, dan anak muda diharap dapat menyesuaikan diri dan melakukan kegiatan ini dengan baik “Peserta dapat mengikuti acara ini dengan baik secara berturut turut selama 3 hari,” tutur Faisal.

3 dari 3 halaman

Pembicara

Adapun sebagai pembicara pada kegiatan Diklat Pemberdayaan Pemuda Bidang Literas Digital yang dilaksanakan selama 3 (hari) ini yaitu Faisal Abdullah (Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora) Muhammad Syarif Bando (Kepala Perpustakaan Nasional RI), Adrinal (Penulis Buku Trilogi Birokrat Menulis dan KEMENPAN PAN RB), Aris Kurniawan (Penggerak Swadaya Masyarakat Madya, KOMINFO), Akhmad Munir ( Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA), Novi Kurnia ( Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM), Fiona Suwana (Peneliti dan Pengajar University of South Australia, dan Queensland University of Technologi (QUT) International Digital and Media Literacy, Dimas Aditya Nugraha (Pemimpin Redaksi Indonesiabaik.id), Dedy Helsyanto ( Pemeriksa Fakta Senior Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO).

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah, yang selama pelaksanaan selama diklat 3 hari ini telah memberikan arahan dan bimbingannya sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan juga kepada semua narasumber yang telah mengisi acara diklat selama 3 hari ini, mulai 28 s.d 30 Juli 2020. “sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan support, dan telah memberikan sharing knowledge yang ber bermanfaat bagi para peserta, dan berdasarkan hasil live chat dari awal sampai akhir acara ini mendapatkan atensi dan apresiasi peserta yang sangat besar,” ujar Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Tri Winarno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.