Sukses

MotoGP Andalusia: Dapat Lampu Hijau Balapan, Honda Hormati Marquez

Meski mendapat lampu hijau untuk membalap di MotoGP Andalusia, akhir pekan ini, Marc Marquez akan absen berlatih di hari pertama.

Liputan6.com, Jerez - Dua hari setelah menjalani operasi lengan kanan yang patah, Marc Marquez secara mengejutkan kembali ke paddock Sirkuit Jerez, Spanyol, Kamis (23/7/2020) pagi WIB. Ia kemudian menjalani tes kebugaran dan mendapat lampu hijau untuk mencoba latihan bebas MotoGP Andalusia yang dimulai pada Jumat besok.

Seperti diberitakan sebelumnya, Marquez kecelakaan dalam balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, akhir pekan lalu. Pembalap Repsol Honda tersebut kemudian dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi pada Selasa, 21 Juli lalu.

"Tidak ada yang berharap melihatnya di sini," kata Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig mengenai kehadiran Marc Marquez seperti dikutip Crash.

"Ketika kecelakaan itu terjadi, kami sangat khawatir dan tentu saja ia harus pergi ke Barcelona untuk menjalani operasi. Tetapi operasi itu berjalan, terus terang, dengan sangat baik. Kami tahu dokter itu baik, tetapi itu adalah pekerjaan yang fantastis."

"Dan setelah operasi, pengendara mulai merasa sangat baik. Dia mulai menghubungi kami, mengatakan 'Saya tidak begitu buruk. Saya merasa baik. Saya tidak mengalami terlalu banyak rasa sakit. Saya bisa menggerakkan lengan'. Kemungkinan situasi [kerusakan] saraf, seperti yang diinformasikan dokter, baik-baik saja," imbuh Puig soal kondisi juara dunia enam kali MotoGP tersebut.

 

Saksikan Video Marc Marquez di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membatalkan Balapan

Puig mengungkapkan Honda sempat berencana tak ambil bagian di MotoGP Andalusia setelah Marc Marquez kecelakaan. Timnya baru akan mencoba kembali tampil di Brno, 7-9 Agustus.

"Awalnya, jelas, posisi Honda adalah untuk membatalkan balapan ini dan mencoba di Brno. Tetapi setelah apa yang kita lihat dari keinginan Marc, setelah apa yang dikatakan para dokter hari ini, menyatakan dia cocok, kita sampai pada sebuah posisi katakanlah 'pemahaman' bahwa dia akan mencoba pada Sabtu dan tergantung bagaimana perasaannya, dia akan mencoba atau tidak untuk balapan," papar Puig.

"Tapi, kami memintanya untuk memeriksa pada Sabtu dulu dan benar-benar mengerti apakah dia benar-benar mampu menempuh jarak atau tidak. Jika itu terlalu berisiko, Marc sudah mengerti bahwa ide kami adalah untuk membatalkan balapan."

"Tapi dari Minggu lalu hingga hari ini, segalanya berjalan sangat cepat dan begitu cepat sehingga terus terang kami sangat terkejut," ucap Puig.

3 dari 4 halaman

Tidak Perlu Ambil Risiko

Puig menjelaskan kembali balapan di Sirkuit Jerez membuat timnya tidak perlu mengambil risiko untuk ikut latihan bebas hari pertama MotoGP Andalusia, Jumat (24/7/2020). "Jika itu adalah trek baru, itu akan lebih sulit," ujarnya.

"Tapi, kami telah berada di sini selama lima hari sehingga pengaturan motor kami tahu, dia tahu persis bagaimana cara mengendarai motor di trek ini. Jadi tak ada artinya untuk mencoba Jumat dan untuk memberi lebih banyak tekanan pada cedera," papar Puig.

"Jadi dia akan mencoba Sabtu dan setelah itu kita akan melihat. Tapi, itu sangat penting bagi Honda dan bagi tim Repsol Honda untuk juga menghormati keinginan pengendara. Jadi kita mendapatkan kompromi ini [untuk menunggu sampai Sabtu] dan kemudian kita akan melihat hasil pada Sabtu. "

4 dari 4 halaman

Menghormati Kondisi dan Pendapat Pembalap

Selain Marquez, Cal Crutchlow dari LCR Honda juga menjalani operasi pada Selasa lalu. Pembalap asal Inggris itu memasang sekrup kecil untuk membantu patah tulang skafoid kirinya.

Seperti Marquez, Crutchlow juga telah lulus kebugaran dan mendapatkan lampu hijau mencoba latihan bebas MotoGP Andalusia

"Mereka saat ini adalah pembalap kami yang paling berpengalaman dan tercepat. Namun sayangnya, keduanya cedera," kata Puig tentang Marquez dan Crutchlow.

"Saya ingin menjelaskan bahwa Honda tidak pernah mendorong pembalap untuk berlomba. Kami selalu menghormati kondisi dan pendapat pengendara. Itulah sebabnya kami membiarkan mereka, dalam kasus Marc, mencoba."

"Tentu saja hasil Marc dan Cal sangat penting bagi kami, dan ketika pengendara 100% fit benar, Anda dapat mendorongnya. Ketika dia tidak 100% fit, yang merupakan kasusnya, Anda harus mundur selangkah dan lihat apa yang bisa dia lakukan," pungkas Puig.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.