Sukses

Satgas Covid-19 Restui PSSI Gelar Kembali Kompetisi

Namun, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta PSSI memperhatikan beberapa hal saat menggulirkan kembali kompetisi.

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendapat restu dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk menggulirkan kembali kompetisi.

Namun, ada beberapa hal yang harus jadi perhatian dalam pelaksanaan pada Oktober mendatang.

“Satgas mendukung liga bergulir namun dengan syarat menerapkan protokol kesehatan dan akan mendukung dengan memberikan bantuan swab test kepada PSSI," kata Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

"Selain itu, pertandingan harus tanpa dihadiri penonton. Karena tidak ada yang bisa menjamin keselamatan para penonton, ditakutkan terjadi kontak erat dengan salah satu orang yang terpapar Covid-19 yang hadir di stadion," sambungnya di Media Center Satgas Penangan Covid-19, Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Doni Monardo menerima langsung rombongan PSSI yang dipimpin Ketua Umum Mochamad Iriawan. Pada kesempatan ini, dia mengajak seluruh insan sepak bola bersatu menghadapi Covid-19. Salah satunya dengan melakukan perubahan prilaku yakni lebih peduli mengajak orang di sekitar disiplin menjalankan protokol kesehatan.

 

Saksikan Video Covid-19 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suporter dan Pemain

Dono Monardo berharap PSSI mengajak suporter untuk menyaksikan pertandingan di rumah saja dan mengajak pemain sepak bola untuk melakukan edukasi kepada seluruh masyarakat terkait Covid-19.

"Kami mengharapkan PSSI mengajak seluruh suporter menonton hanya lewat siaran televisi ataupun streaming," katanya. 

"Kemudian mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan dengan mengajak figur-figur tokoh sepak bola yang diharapkan lebih efektif dan didengar oleh masyarakat, karena mereka dijadikan panutan dan memiliki banyak fans," jelas Doni.

3 dari 4 halaman

Dimulai Oktober

PSSI berencana menggulirkan kembali kompetisi pada Oktober 2020. Federasi sudah membuat protokol kesehatan pertandingan sepak bola dan akan memberlakukan tes swab kepada seluruh orang yang terlibat dalam tiap pertandingan.

"Protokol kesehatan harus dipatuhi seluruh komponen sepak bola, federasi, klub hingga suporter," kata Mochamad Iriawan.

"Kami telah membuat protokol kesehatan dengan bantuan tim dokter dan tim pengkajian di PSSI dan menganggarkan untuk melakukan swab test, serta diputuskan tanpa adanya penonton di stadion," tegasnya.

 

4 dari 4 halaman

Bantuan APD

Dalam rangka mendukung penanganan Covid-19, PSSI juga memberikan bantuan berupa alat 1.200 pelindung diri (APD). Doni Monardo menyampaikan terima kasih atas dukungan ini.

"Terima kasih atas donasi APD yang diberikan, selanjutnya akan disalurkan kepada tenaga medis dan masyarakat," ucap Doni Monardo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.