3 Pelatih Paling Sukses di AC Milan, Stefano Pioli Bisa Menyusul?

Oleh Defri Saefullah pada 22 Jul 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 22 Jul 2020, 13:00 WIB
Logo AC Milan
Perbesar
Logo AC Milan (Bola.com/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta AC Milan merindukan kejayaan. Masa-masa saat masih merajai Eropa dan serie A terus ditunggu pemain dan tentu Milanisti yang selalu memberi dukungan.

Harapan untuk kembali membawa AC Milan itu sekarang ada di pundak Stefano Pioli. Pelatih berpengalaman ini diharapkan bisa kembali membawa Milan ke trek.

Hasil bagus di serie A membawa Pioli mendapatkan kontrak baru di AC Milan. Rosoneri memberinya perpanjangan dua tahun kontrak.

CEO AC Milan, Ivan Gazidis mengaku hasil bagus bukan satu-satunya pertimbangan untuk memperpanjang kontrak Pioli. Pria 54 tahun ini diketahui bisa membawa kembali semangat AC Milan.

Jadi, AC Milan lebih melihat ke jangka panjang. Pioli dianggap bisa memberi Milan kejayaan. Lalu siapa saja pelatih AC Milan paling sukses?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video AC Milan di Bawah Ini:


3. Arigo Sacchi dan Carlo Ancelotti

10 Pelatih Hebat yang Tidak Terlalu Hebat saat Menjadi Pemain
Perbesar
Arrigo Sacchi pernah sukses dengan AC Milan (AFP/ Javier Soriano)

Ada dua nama yang pantas diapungkan untuk kategori pelatih AC Milan paling sukses. Mereka adalah Arigo Sacchi dan Carlo Ancelotti.

Kedua nama beken di sepak bola Italia ini sama-sama memberi 8 trofi di AC Milan. Sacchi (1987-1991) mempersembahkan Piala Champions (dua kali), serie A,Piala Super Italia, Piala Super Eropa (dua kali) dan Piala Interkontinental (dua kali).

Ancelotti yang membesut AC Milan pada 2001-2009 juga beri 8 trofi yaitu Liga Champions (dua kali), Coppa Italia, Piala Super Italia, serie A Piala Super Eropa (dua kali) dan Piala Dunia Antar Klub.

 


2. Fabio Capello

Italia Adalah Gudang Pelatih Jempolan
Perbesar
Fabio Capello cukup sukses dengan AC Milan (AFP Photo/Jonathan Nackstrand)

Nama lain yang pantas diapungkan yaitu Fabio Capello. Pria berwatak keras ini membesut Milan pada 1991-1996.

Selama itu, Capello berhasil memberikan AC Milan 9 trofi bergengsi. Dia merupakan penerus Arrigo Sachi di Milan.

Trofi yang didapatkan juara serie A (4 kali), Piala Super Italia (3 kali), Liga Champions dan Piala Super Eropa. Pantaslah dia kemudian dipilih Real Madrid usai hengkang dari Milan.

 


3. Nereo Rocco (1961-1977)

Nereo Rocco
Perbesar
Nereo Rocco (kanan) salah satu pelatih berkarakter di AC Milan. Dia jadi mentor untuk Cesare Maldini (kiri) (Milanobsession.com)

 

Pria asal Italia ini sudah berada di AC Milan sejak 1961. Selain jadi pelatih, Rocco juga menjadi direktur sport di akhir masa jabatannya.

Rocco dikenal sebagai pelatih pekerja keras yang membangun sisi pertahanan. Salah satu pemain andalannya saat itu Gianni Rivera, seorang playmaker hebat di masanya.

Berdasarkan data, Rocco tercatat memberi trofi sebanyak 10 kali untuk AC Milan. Trofi tersebut yaitu serie A (dua kali), Coppa Italia (3), Piala Champions (2), Cup Winners cup (2) dan Piala Interkontinental.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya