Layak Berkostum Real Madrid, Mane dan Salah Diminta Bertahan di Liverpool

Oleh Marco Tampubolon pada 21 Jul 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 21 Jul 2020, 22:00 WIB
Hujan Gol di Anfield, Liverpool Menang Tipis atas Salzburg
Perbesar
Pemain Liverpool Mohamed Salah (tengah) merayakan golnya ke gawang Red Bull Salzburg bersama Sadio Mane (kanan) dan Roberto Firmino (kiri) pada lanjutan Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (2/10/2019). The Reds menang tipis 4-3 atas Salzburg. (AP Photo/Jon Super)

Liputan6.com, Jakarta Nicolas Anelka, yang pernah bermain Real Madrid dan Liverpool memberi saran kepada Mohamed Salah dan Sadio Mane. Pria asal Prancis itu meminta keduanya bertahan di Liverpool. Lho, kenapa?

Mane dan Salah merupakan dua pemain kunci di balik kesuksesan Liverpool di era Jurgen Klopp. Setelah sukses merebut trodi Liga Champions tahun lalu, keduanya juga ikut ambil bagian mengantar Liverpool mengakhiri paceklik gelar Liga Inggris yang sudah berlangsung selama 30 tahun.

Liverpool keluar mengangkat trofi Premier League 2019/2020 di tengah pandemi virus Corona.

Musim ini Salah mengemas 19 gol dan 9 assist di ajang Premier League. Sementara rekannya, Mane hanya terpaut 2 gol dan 2 assist dari pemain asal Mesir itu.

 

2 dari 5 halaman

Jangan Gegabah

Salah - Mane Bawa Liverpool Taklukkan Sheffield United
Perbesar
Manajer Liverpool Jurgen Klopp (kiri tengah) merangkul penjaga gawang Alisson pada akhir laga Liga Inggris antara Liverpool dengan Sheffield United di Anfield Stadium, Liverpool, Inggris, Kamis (2/1/2020). Liverpool menang 2-0. (AP Photo/Jon Super)

Gemilang performa Mane dan Salah kini bak pedang bermata dua bagi Liverpool. Sebab selain menguntungkan klub, kemampuan keduanya juga menggiurkan bagi klub lain. Dan menurut Anelka, kemampuan yang ditunjukkan Salah dan Mane sangat layak memperkuat tim sebesar Real Madrid. 

Meski demikian, Anelka yang pernah bermain bersama kedua klub itu meminta Mane dan Salah tidak gegabah dalam menentukan pilihan. Bahkan menurutnya, mereka sebaiknya bertahan saja.

"Lini depan yang luar biasa," kata Anelka kepada Livepool Echo. "Saya menyukai mereka semua, terutama Roberto Firmino sebab dia kunci bagi kesuksesan Mohamed Salah dan Sadio Mane," katanya. 

 

3 dari 5 halaman

Layak untuk Real Madrid

Salah - Mane Bawa Liverpool Taklukkan Sheffield United
Perbesar
Pemain Liverpool Sadio Mane (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Sheffield United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Anfield Stadium, Liverpool, Inggris, Kamis (2/1/2020). Liverpool menang 2-0. (AP Photo/Jon Super)

Anelka memperkuat Real Madrid pada 1999-00 lalu. Dia mencoba peruntungan di skuat Los Blancos setelah tampil memukau bersama Arsenal. Dari pengalaman ini, Anelka yang pernah dipinjamkan ke Liverpool itu, Anfield saat ini merupakan tempat yang tepat bagi Mane dan Salah.

"Salah dan Mane ada di puncak lima pemain terbaik di dunia saat ini. Mereka punya kualitas untuk bermain di Real Madrid," katanya. 

"Namun hari ini Liverpool bisa bersaing dengan Real Madrid jadi mereka tidak perlu pindah," bebernya.

 

4 dari 5 halaman

Puji Jurgen Klopp

Arsenal Kalahkan Liverpool di Emirates Stadium
Perbesar
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memberikan arahan kepada pemainnya saat menghadapi Arsenal pada laga lanjutan Premier League pekan ke-36 di Emirates Stadium, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB. Arsenal menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Glyn Kirk/pool)

Anelka kembali lagi ke Inggris pada 2021 setelah dipinjamkan PSG. Pada kesempatan yang sama, Anelka juga memuji kecerdikan Jurgen Klopp dalam megelola skuat Liverpool.

"Jurgen Klopp itu jenius," kata Anelka. 

"Saya menyukai pekerjaannya, caranya menangani pemain dan pilihan pemain yang direkrutnya. Mereka pemain-pemain top berkelas. Mereka akan kompetitif untuk waktu yang lama. Klopp telah mengembalikan klub ini ke tempat di mana mereka seharusnya berada," beber Anelka. 

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓