Liverpool Minta Suporter Jauhi Anfield pada 26 Juli 2020, Mengapa?

Oleh Harley.Ikhsan pada 21 Jul 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 21 Jul 2020, 16:30 WIB
Fans Liverpool Berpesta
Perbesar
Suporter Liverpool merayakan gelar juara Premier League di depan Stadion Anfield, Kamis (25/6/2020). Mereka diharapkan tidak mengulang perilaku serupa saat tim mengangkat trofi. (AP/Jon Super)

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool menghimbau suporter agar tidak berkerumun di luar Anfield pada laga melawan Chelsea, Rabu (22/7/2020) atau Kamis dini hari WIB. Untuk memastikan itu, Kepolisian Merseyside berencana meningkatkan penjagaan di berbagai penjuru kota.

The Reds rencananya bakal mengangkat trofi Liga Inggris usai pertandingan. Momen ini berpotensi memancing kerumunan orang yang menanti 30 tahun untuk menyaksikan tim kesayangan kembali juara.

"Itu akan menjadi malam yang penting bagi penggemar Liverpool di kota ini dan seluruh dunia," ungkap pejabat Kepolisian Merseyside Natalie Perischine, dikutip situs resmi Liverpool.

"Namun, klub dan pihak televisi telah menyiapkan sebaik mungkin agar jutaan orang bisa menikmati momen spesial itu di layar kaca dari rumah masing-masing," sambungnya.

Pada 25 Juni, suporter The Reds memenuhi jalanan kota Liverpool dan melakukan pesta di luar Anfield setelah pasukan Jurgen Klopp dipastikan merebut gelar.

 

2 dari 5 halaman

Contoh yang Baik

Liverpool Vs Crystal Palace
Perbesar
Penyerang Liverpool, Sadio Mane, melakukan selebrasi usai membobol gawang Crystal Palace pada laga tanpa penonton. (AP/Phil Noble)

Laga Liga Inggris digelar tanpa penonton karena pandemi Covid-19. Dalam kondisi itu, aksi pendukung Liverpool bulan lalu memancing kritik karena Inggris masih menerapkan praktik jarak sosial.

Perischine pun berharap suporter Liverpool memanfaatkan momen pengangkatan trofi untuk membuktikan mereka bisa menjadi contoh melakukan hal yang tepat di situasi sulit seperti sekarang.

 

3 dari 5 halaman

Saran Spirit of Shankly

Fans Liverpool Berpesta
Perbesar
Suporter Liverpool merayakan gelar juara Premier League di depan Stadion Anfield, Kamis (25/6/2020). Titel juara Liga Inggris 2019-20 ini merupakan gelar pertama Liverpool setelah puasa selama 30 tahun. (AP/Jon Super)

Spirit of Shankly, salah satu kelompok suporter Liverpool, menyampaikan pesan serupa agar para suporter Liverpool tetap berdiam di rumah tanpa menciptakan kerumunan di Anfield.

"Saya sangat ingin menyaksikan prosesi pengangkatan trofi dan paham betapa sulitnya untuk tidak mengunjungi Anfield. Tapi kita tahu kota ini masih jadi salah satu area rawan di Eropa dengan ancaman kesehatan nyata," kata Ketua Spirit of Shankly Joe Blott.

"Sebagian besar suporter klub ini cukup menaati anjuran kesehatan dan saya harap kita tetap berdiam di rumah agar tak membahayakan banyak orang dari risiko yang tidak perlu," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Koleksi Gelar

Ini adalah gelar pertama Liverpool di era Premier League, atau ke-19 sepanjang sejarah. Mereka tertinggal satu angka dari Manchester United dalam daftar kolektor trofi terbanyak.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Liverpool Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓