Sukses

Menengok Strategi Repsol Honda Kehilangan Marc Marquez di MotoGP

Repsol Honda terpaksa tampil tanpa Marc Marquez pada MotoGP Andalusia yang berlangsung akhir pekan ini.

Liputan6.com, Aalst- Repsol Honda belum punya keputusan siapa pembalap yang bakal menggantikan Marc Marquez di MotoGP Andalusia yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020). Marquez dipastikan absen karena mengalami patah tangan.

Marc Marquez tampil ngotot sepanjang balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan lalu. Sempat tercecer ke posisi 19 karena melebar, dia berhasil mengejar ke posisi ketiga.

Namun karena terlalu ngotot Marc Marquez akhirnya mengalami highside atau motor tergulir karena grip ban hilang di tikungan 3 lap terakhir Sirkuit jerez. Motor yang terguling mengenai tangan kanannya hingga retak.

Manajer Repsol Honda, Alberto Puig mengaku tak punya penyesalan dengan kegagalan Marquez. Dia malah yakin keunggulan Marquez dari lawan terus unggul di setiap tahunnya.

Puig mengatakan awalnya Marc Marquez ingin mengamankan seri pertama MotoGP dengan kemenangan. Namun ban bagian depan bermasalah sehingga membuat dia melebar dan akhirnya terjungkal.

 

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Menyesal

Puig mengaku tak menyesal harus melihat Marquez terjungkal dan cedera. Dia menilai strategi langsung geber mungkin salah.

"Awalnya kami punya strategi langsung geber sejak start dan memimpin lomba. Itu terjadi sampai akhirnya Marquez melebar," ujar Puig seperti dikutip crash.

"Saat Marquez melebar, dia butuh dua lap untuk kembali konsentrasi. Namun kami lihat dia akan segera menyusul pembalap lain, andai saja empat atau lima laps lagi dia bisa kejar Quartararo."

Lalu apa strategi Honda?

 

3 dari 4 halaman

Strategi Honda

 

Puig tak memperinci apa yang harus dilakukan timnya untuk mengganti Marquez. Dia hanya mengaku puas karena motor RC213V terbukti masih unggul.

"Di tes Qatar banyak yang meragukan penampilan Marquez. Sekarang terlihat jelas seperti apa dia. Kami jelas dua langkah lebih depan," ujarnya.

"Saat Anda kehilangan pembalap, tentu itu buruk. Tapi inilah balap, kami tim kuat dan semua orang sadar bagaimana level Marquez."

4 dari 4 halaman

Jadwal MotoGP

26 Juli - MotoGP Andalusia (Sirkuit Jerez)

9 Agustus - MotoGP Rep Ceska (Sirkuit Brno)

16 Agustus - MotoGP Austria (Sirkuit Red Bull Ring)

23 Agustus - MotoGP Styria (Sirkuit Red Bull Ring)

13 September - MotoGP San Marino (Sirkuit Misano)

20 September - MotoGP Emilia Romagna (Sirkuit Misano)

27 September - MotoGP Catalunya (Sirkuit Catalunya)

11 Oktober - MotoGP Prancis (Sirkuit Le Mans)

18 Oktober - MotoGP Aragon (Sirkuit Motorland Aragon)

25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo)

15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.