Sukses

12 Pemain Lawan Positif Covid-19, Klub Liga Spanyol Degradasi Tanpa Bertanding

Pengumuman kasus Covid-19 ini disampaikan beberapa jam sebelum kick off.

Liputan6.com, Jakarta Tim Divisi II Liga Spanyol, Deportivo La Coruna dipastikan turun kasta ke Segunda B. Tim yang pernah berlaga di kompetisi teratas La Liga itu bahkan tidak bisa menjalani laga terakhirnya karena Covid-19.

Seperti dilansir Marca, Deportivo La Coruna yang berada di zona merah seharusnya masih menyisakan satu laga lagi. Meski demikian, kesempatan untuk bertahan di Segunda Division akhirnya pupus setelah rival-rival terdekatnya, Albacete dan Lugo berhasil memenangkan laga terakhir mereka.

Hasil ini membuat Deportivo gagal keluar dari posisi empat terbawah bersama Numancia Extremadura, dan Racing Santander. Keempat tim ini harus rela bermain di Segunda B pada musim mendatang.  

Deportivo sendiri tidak jadi memainkan laga terakhirnya melawan Fuenlabrada. Duel yang seharusnya berlangsung di markas Deportivo itu tidak jadi digelar lantaran 12 pemain lawan positif Covid-19.

"Setelah mendeteksi adanya kasus positif di CF Fuelabrada, federasi sepak bola Spanyol (RFFF) dan La Liga sama-sama memutuskan untuk menunda laga RC Deportivo vs CF Fuenlabrada," bunyi pernyataan resmi La Liga terkait penundaan tersebut seperti dilansir dari Marca. 

"Tim monitoring juga mengambil sikap yang sama untuk tetap memainkan matchday 42 lainnya dengan keyakinan bahwa ini merupakan solusi terbaik dalam melindungi kesehatan dari para pemain dan integritas keseluruhan kompetisi," La Liga menambahkan dalam keterangan resminya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mempengaruhi Tim Lain

Hasil laga menjadi tidak penting lagi bagi Deprotivo. Namun bagi, Fuenlabrada yang hanya membutuhkan satu poin untuk lolos ke babak play off babak kualifikasi berlaku sebaliknya. Kemenangan melawan Deportivo bakal mengantar mereka ke posisi 6 menggusur Elche. 

Sementara tiga tim sudah dipastikan lolos ke babak kualifikasi, yakni Girona, Almeria, dan Real Zaragoza.  Sedangkan dua tim teratas yakni Huezca dan Gardiz bakal promosi ke La Liga. 

 

3 dari 5 halaman

Menuai Protes

Penundaan pertandingan Deportivo vs  Fuenlabrada diumumkan hanya beberapa jam sebelum 11 laga pamungkas Segunda Division lainnya kick off. Hal ini membuat marah klub Rayo dan Elche. Mereka menyesalkan upaya La Liga yang tetap menggelar pertandingan lain setlah pembatalan tersebut. 

"Rayo Vallecano sangat kecewa terhadap pembatalan ini," bunyi pernyataan resmi Rayo. 

"Membatalkan atau menunda Deportivo vs Fuenlabrada, tanpa menunda sisa laga yang relevan, dapat diartikan, jika Albacete dan Lugo memenangkan pertandingan mereka, Deportivo secara matematis sudah akan terdegradasi. Ini mengecewakan karena mereka tidak akan bersungguh-sungguh lagi memainkan pertandingan melawan Fuenlabrada dan ini membahayan kepentingan Rayo."

4 dari 5 halaman

Klasemen Akhir La Liga

 
5 dari 5 halaman

Deretan Fakta La Liga 2019/2020

La Liga Spanyol 2019/2020

Juara: Real Madrid (87 poin)

Runner Up: Barcelona (82 poin)

Jumlah pertandingan: 380

Durasi kompetisi: 16 Agustus 2019 – 19 Juli 2020 

Liga Champions: Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla

Europa League: Villarreal, Real Sociedad, dan Granada

Jumlah gol: 942

Top Scorer: Lionel Messi (25 gol)

Kiper terbaik: Thibaut Courtois

Rekor kemenangan terlama: Real Madrid (10 laga)

Rekor kekalahan terlama: Espanyol (10 laga)

Skor terbesar: Villarreal vs Granada : 4-4 (17/8/2019)

Jumlah penonton terbanyak: 93.462 (Barcelona 0-0 Real Madrid, 18/12/2019)

Total penonton: 4,630,608  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.