Sukses

Lewat Senam SAH dan WAH, Menpora Ajak Masyarakat untuk Bergerak dan Berolahraga

Kesadaran dan kedisiplinan untuk berolahraga di tengah pandemi Covid-19 sangat penting dimiliki setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta Kesadaran dan kedisiplinan untuk berolahraga di tengah pandemi Covid-19 sangat penting dimiliki setiap orang. Selain menyehatkan tubuh dan mental, olahraga juga meningkatkan sistem imun yang dapat menangkal penyakit dan virus.

Begitu pentingnya olahraga, Menpora Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan untuk terus berolahraga.

Menurutnya, olahraga merupakan solusi meningkatkan kebugaran tubuh. Itulah yang perlu didorong terus penyadaran betapa pentingnya masyarakat bergerak dengan olahraga agar sehat dan bugar serta imunitas terus meningkat.

"Sementara ini, olahraga belum menjadi habit. Ada contoh, secara standar tiap hari minimal dianjurkan 7.000 langkah, data menyebutkan masyarakat kita baru rata-rata 3.000-3.500 langkah, masih terus perlu didorong kesadaran bergerak dan berolahraga," ucap Menpora pada acara webinar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes), melalui Zoom Meeting, Kamis (16/7) pagi. 

Guna mendorong kesadaran masyarakat, Kemenpora terus berkreasi dengan berbagai tutorial olahraga seperti senam SAH (Stay at Home), WAH (Workout at Home), dan khusus untuk para lansia ada Duilah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin Pakai Masker

Webinar kerjasama Adinkes, Kemenpora, FORMI, dalam rangka Cegah Covid-19 ini diikuti dari berbagai unsur dari Aceh hingga Papua, terdaftar 800 peserta perorangan dan bila digabung dengan instansi/lembaga berjumlah lebih dari 1.000 peserta. 

Menpora juga menyampaikan dalam upaya mencegah selain diperlukan kedisiplinan diri, lingkungan, dan masyarakat, perlu terus dikembangkan kebiasaan baru untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga kebugaran.

"Menurut saya wajib memakai masker dimanapun berada, ketika keluar rumah, dan saat di lingkungan pekerjaan," tegasnya.

Beberapa narasumber yang ikut pada acara webinar ini antara lain, Ketua Umum PP Adinkes M Subuh yang juga memberikan pengantar, Deputi Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida, Ketua Umum FORMI Nasional Hayono Isman, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin, Pembina Perkumpulan Olahraga Senam Yama Indonesia Iskandar Z Adisapoetra, Penggiat Senam Yama Indonesia Sastra Yama Dewa.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.