Sukses

Arsenal Bakal Tiru Blueprint Kesuksesan Liverpool

Dalam dua tahun terakhir, The Reds, sebutan Liverpool, meraih banyak trofi bergengsi.

Liputan6.com, London - Manajer Arsenal, Mikel Arteta mengakui dirinya mau meniru blueprint kesuksesan Liverpool asuhan Jurgen Klopp. Dalam dua tahun terakhir, The Reds, sebutan Liverpool, meraih banyak trofi bergengsi.

Pada tahun 2019, Liverpool memenangkan tiga gelar, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Di tahun 2020, Mohamed Salah dan kawan-kawan meraih Liga Ingris, trofi yang sudah mereka tunggu selama 30 tahun.

Namun sebelum meraih kesuksesan bersama Jurgen Klopp, yang bergabung pada 2015, Liverpool harus sakit-sakitan terlebih dahulu. Mereka pernah punya tiga penyerang yang gagal mencetak gol dalam 998 menit, yakni Fabio Borini, Mario Balotelli, dan Ricky Lambert.

Liverpool berubah drastis setelah Jurgen Klopp mendatangkan Mohamed Salah, Virgil van Dijk, Sadio Mane, Fabinho, Andrew Robertson, hingga Alisson. Mereka menjadi roda penggerak utama Liverpool dalam dua tahun terakhir.

Arteta, yang bergabung sebagai pengganti Unay Emeri akhir tahun 2019, mencoba meniru blueprint Liverpool itu. Dia pun berharap manajemen Meriam London bersabar.

"Pada akhirnya, segala sesuatu harus datang melalui pintu depan. Ini harus berkualitas tinggi, tapi kita harus menunggu untuk itu (seperti Liverpool)," ucap Arteta, manajer Arsenal yang sebelumnya menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City, dikutip dari Sportskeeda.

 

Saksikan video Mikel Arteta di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komposisi yang Pas

Arteta melanjutkan, Jurgen Klopp sangat jeli dalam mendapatkan komposisi untuk kerangka tim. Klopp mendatangkan Salah dari AS Roma, tapi pernah bermain di Liga Inggris bersama Chelsea. Kemudian Klopp memboyong Fabinho dan Alisson yang pernah satu tim di AS Monaco.

"Itu campuran yang bagus. Dia membeli pemain dari Monaco dan Italia. Anda membutuhkan pemain yang memiliki pengalaman di Liga Inggris. Dia mendatangkan Slah yang membuat proses adaptasi jauh lebih cepat," ucap Arteta.

"Mereka juga membeli pemain dengan pengalaman di Eropa dan timnas. Namun jangan lupa juga uang besar yang dikeluarkan mereka," katanya menegaskan.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Mikel Arteta