5 Pemain Bintang yang Gagal di Barcelona

Oleh Ario Yosia pada 14 Jul 2020, 18:25 WIB
Diperbarui 14 Jul 2020, 18:25 WIB
Barcelona Vs Valencia
Perbesar
Suporter Barcelona saat melawan Valencia pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (14/9). Barcelona menang 5-2 atas Valencia. (AP/Joan Monfort)

Barcelona - Barcelonacukup sukses di dunia sepak bola dunia. Klub asal Spanyol itu memenangkan banyak gelar baik di level domestik maupun Eropa.

Banyak pemain sepak bola yang punya cita-cita bermain di Barcelona. Banyak di antara mereka yang bisa menemukan kesuksesan di Camp Nou.

Beberapa pemain terbaik Barcelona dalam dekade terakhir adalah lulusan akademi sendiri. Lionel Messi, Andres Iniesta, Pedro, Xavi, dan Sergio Busquets adalah contohnya.

Namun, ada juga pemain yang dibeli Barcelona dengan harga mahal. Yang terbaru adalah Antoine Griezmann.

Namun, siapa sangka ada juga beberapa pemain bintang yang tidak memiliki keberuntungan ketika bermain di klub sekelas Barcelona. Mereka tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya di Catalan.

Berikut ini lima pemain bintang yang gagal di Barcelona seperti dikutip Sportskeeda. 

2 dari 7 halaman

Philippe Coutinho

Bayern Munchen Vs Koln
Perbesar
Gelandang Bayern Munchen, Philippe Coutinho, melakukan selebrasi usai membobol gawang Koln pada laga Bundesliga di Allianz Arena, Sabtu (21/9/2019). Bayern Munchen menang 4-0 atas Koln. (AP/Matthias Schrader)

Coutinho bergabung dengan Barcelona dari Liverpool pada Januari 2018 dengan biaya 105 juta pounds. Pemain Brasil itu seharusnya bisa menggantikan posisi Andres Iniestadi lini tengah Blaugrana.

Coutinho memiliki awal yang bagus untuk kariernya di Barcelona. Dia adalah pemain vital di liga untuk klub meski tidak bisa bermain di Liga Champions musim itu karena sebelumnya tampil dengan Liverpool.

Namun, semuanya berantakan pada musim berikutnya. Ernesto Valverde tidak bisa menemukan cara untuk memaksimalkan Coutinho. Alhasil, Barcelona meminjamkan pemain berusia 28 tahun itu ke Bayern Munchen pada musim panas lalu.

Meski tampil baik dengan mencetak sembilan gol dan memberikan delapan assist, Bayern menolak untuk mempermanenkan Coutinho. Dengan demikian, Coutinho akan kembali ke Camp Nou.

3 dari 7 halaman

Ousmane Dembele

Barcelona Gilas Borrusia Dortmund 3-1
Perbesar
Penyerang Barcelona, Ousmane Dembele (tengah) berusaha melewati pemain Borrusia Dortmund, Julian Weigl pada pertandingan Grup F Liga Champions di stadion Camp Nou, Spanyol (27/11/2019). Barcelona menang 3-1 atas Dortmund. (AP Photo/Joan Monfort)

Ousmane Dembele bergabung dengan Barcelona dari Borussia Dortmund dengan biaya 97 juta pounds pada 2017. Dia tiba di klub sebagai pengaganti Neymar yang pindah ke PSG.

Dembele mendapat cedera pada awal kariernya di Barcelona. Dia sudah melewatkan 86 pertandingan untuk klub sejak 2017 karena cedera. Dia saat ini cedera dan itulah ringkasan karier Dembele di Barcelona.

Selama musim 2019/2020, pemain berusia 23 tahun ini hanya bermain sembilan kali. Dari sembilan pertandingan itu, lima sebagai starter. Dia baru mencetak satu gol.

Dembele masih punya waktu untuk membalikkan keadaan. Namun Barcelona dikabarkan akan melepas sang pemain. PSG, Liverpool, Manchester United dan Arsenal dikabarkan tertarik menampung Dembele.

4 dari 7 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic
Perbesar
Kehebatannya di Inter Milan membuat Zlatan Ibrahimovic langsung diboyong oleh raksasa La Liga Spanyol, Barcelona. Namun kariernya mandek di negeri matador karena tidak cocok dengan strategi dari pelatih La Blaugrana, Pep Guardiola yang membuatnya dilepas ke AC Milan. (AFP/Lluis Gene)

Ibrahimovic bergabung dengan Josep Guardiola di Barcelona dari Inter Milan dengan biaya 59 juta pounds dan Samuel Eto'o pernah ke arah sebaliknya pada tahun 2009. Ibrahimovic menikmati kesuksesan Italia dan dia sepertinya bisa melakukan hal yang sama di Barcelona.

Catatan gol Ibrahimovic di klub Spanyol itu sangat bagus. Dari 45 pertandingan, bomber Swedia itu berhasil mencetak 21 gol.

Akan tetapi, Ibrahimovic disebut memiliki hubungan yang tak harmonis dengan Guardiola. Alhasil, mantan pemain Ajax Amsterdam itu harus meninggalkan Camp Nou lebih cepat dari seharusnya.

Ibrahimovic hanya bertahan satu musim saja di Barcelona. Dia dipinjamkan ke AC Milan pada musim berikutnya sebelum statusnya dipermanenkan.

5 dari 7 halaman

Arda Turan

barcelona vs malaga
Perbesar
Gelandang Barcelona Arda Turan menunjukkan raut muka kecewa saat laga melawan Malaga di Camp Nou, Barcelona, Sabtu (19/11/2016). (AFP/Lluis Gene)

Arda Turan bergabung dengan Barcelona dari Atletico Madrid dengan harga 24 juta pounds pada tahun 2015. Dia direkrut Barcelona mendapat hukuman transfer sehingga dia harus menunggu setengah musim untuk melakukan debutnya di klub.

Setelah berhasil mengantarkan Atletico Madrid memenangkan La Liga pada 2014, Turan seharusnya bersinar di Barcelona. Namun, hal itu tidak terjadi di sana.

Turan kesulitan untuk menampilkan performa terbaiknya di Barcelona. Dia kalah bersaing dengan bintang-bintang Bracelona lainnya sehingga sering menghabiskan waktunya di bangku cadangan.

Turan membuat 55 penampilan untuk Blaugrana di semua kompetisi dan mencetak 15 gol. Turan sempat dipinjamkan ke klub Istanbul Basaksehir selama dua tahun dan sekarang tidak punya klub.

6 dari 7 halaman

Alexander Hleb

Alexander Hleb
Perbesar
Alexander Hleb gagal bersinar di Barcelona. Namanya kemudian digunakan untuk mendeskripsikan keterpurukan klub pada Februari. (Adeptos de Bancada)

Hleb bergabung dengan Barcelona dari Arsenal pada tahun 2008 silam dengan biaya transfer 13 juta pounds. Meski dicintai penggemar Arsenal, alasan kepindahan Hleb ke Catalan karena ingin meraih kesuksesan.

Pemain asal Belarusia ini rupanya kesulitan di Camp Nou. Hleb gagal tampil reguler dan tidak bisa mencetak gol pada musim perdananya di Barcelona. Dirinya gagal meniru performa terbaiknya seperti saat berseragam Arsenal di Barcelona.

Hleb membuat 36 penampilan di semua kompetisi untuk klub selama musim 2008-09. Selama berseragam Barcelona, dia dipinjamkan ke tiga klub seperti Stuttgart, Birmingham City dan Wolfsburg.

Pada akhirnya, kontrak Hleb dengan Barcelona dibatalkan pada Januari 2012. Dia kemudian bermain untuk Krylia Sovetov Samara di Rusia untuk sisa musim itu.

Sumber asli: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 13/7/2020)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓