Sukses

Mbah Lindu, Penjual Gudeg Tertua di Yogyakarta Meninggal Dunia

Penjual gudeg tertua di Yogyakarta Biyem Setyo Utomo atau yang akrab disapa Mbah Lindu, meninggal dunia pada Minggu, 12 Juli 2020.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kabar duka datang dari Yogyakarta. Penjual gudeg legendaris di Kota Pelajar, Biyem Setyo Utomo atau yang akrab disapa Mbah Lindu, meninggal dunia pada Minggu, 12 Juli 2020.

Mbah Lindu mengembuskan napas terakhir di usia 100 tahun. Semasa hidup, Mbah Lindu berjualan di sebuah pos ronda Jalan Sosrowijayan, Yogyakarta. Ia turut dibantu buah hati kelimanya, Ratiyah.

Mengutip dari Merdeka.com, Senin (13/7/2020), Ratiyah menjelaskan Mbah Lindu tutup usia karena penyakit tua. Sang legenda gudeg tersebut meninggal di kediamannya, Klebengan Blok E-6, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

Dikatakan Ratiyah, sebelum meningal, Mbah Lindu pada Sabtu, 6 Juli lalu sempat terjatuh di dapur. Usai mendapat perawatan di RS Panti Rapih selama dua hari,ia diperbolehkan pulang.

"Kata dokternya memang tidak ada yang sakit. Memang karena sudah tua saja. Kemudian disuruh pulang ke rumah. Di rumah ya masih sempat membantu masak dan mengupas telur," kata Ratiyah.

Mbah Lindu dimakamkan pada hari ini, 13 Juli 2020 pukul 11.00 WIB. Ratiyah menambahkan, pemakaman umum Klebengan akan menjadi tempat peristirahatan terakhir sang penjual gudeg legendaris.

Saksikan Video Hidangan Gudeg di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Mbah Lindu Semasa Hidup

Para penikmat kuliner gudeg, pasti sudah tidak asing dengan sajian yang dijajakan oleh Mbah Lindu. Ia menjadi adalah penjual gudeg legendaris yang telah tersohor seantero negeri.

Dikutip dari Kanal Global Liputan6.com, semasa hidup, Mbah Lindu berjualan dari pukul 5.00 hingga 10.00 WIB, tak jauh dari keramaian Malioboro. Ia berjualan dengan kondisi yang sederhana.

Mbah Lindu duduk di tengah dan dikelilingi panci dan wakul besar yang berisi lauk-lauk gudeg. Para pembeli yang memilih makan di tempat duduk di bangku 1,5 meter yang tersedia.

Bagi mereka yang memilih pesan untuk dibungkus, Mbah Lindu mengemasnya dengan cara kuno yakni dengan 'dipincuk' atau daun pisang dijepit dengan lidi. "Si mbah sendiri yang memasaknya. Resepnya masih sama dari dulu ya seperti ini," ujar Mbah Lindu dalam bahasa Jawa, kepada Liputan6.com, Selasa, 19 Januari 2016 lalu.

Kesetiaan Mbah Lindu pada gudeg telah dibuktikan sejak dulu. Kala itu, awalnya ia harus berjualan keliling Yogyakarta dengan kaki dari rumahnya di Klebengan.

"Nek kapane iki aku wis lali. Sak durunge Jepang teko. (Tahunya kapan saya sudah lupa, tapi sebelum Jepang datang). Wong Jepang datang itu saya sudah punya anak satu. Jualannya ya saya gendong, lalu jalan kaki berkeliling. Zaman dulu kan tidak ada bus kota," tambahnya.

(Yanuar H)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.