4 Alasan Fabio Quartararo Akan Jari Rival Kuat Marc Marquez di MotoGP

Oleh Hendry Wibowo pada 13 Jul 2020, 14:50 WIB
Diperbarui 13 Jul 2020, 14:50 WIB
Fabio Quartararo
Perbesar
Pembalap MotoGP dari tim Petronas Yamaha, Fabio Quartararo. (Bola.com/Dody Iryawan)

Jakarta - Siapa rival kuat Marc Marquez di MotoGP 2020? Nama Fabio Quartararo wajib dimasukkan. Ia sukses mencuriĀ perhatian dalam debutnya di MotoGP 2019.

Fabio Quartararo memperkuat tim Petronas Yamaha. Sukses pembalap asal Prancis itu seakan turut mengantoril nama tim Petronas Yamaha sebagai tim baru.

Bagaimana tidak, meski berstatus rookie, ia membawa tim merasakan semua hal di MotoGP 2019, selain kemenangan tentunya. Dari pole position, fastest lap sampai podium.

Kini menuju MotoGP 2020, Fabio Quartararo dianggap bakal menjelma jadi lawan kuat Marquez. Berikut 4 alasan munculnya anggapan di atas.

2 dari 6 halaman

1. Prestasi Hebat Musim Lalu

Fabio Quartararo, MotoGP Catalunya
Perbesar
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menempati posisi kedua pada MotoGP Catalunya di Barcelona, Minggu (16/6/2019). (AFP/Pau Barrera)

Banyak yang memandang sebelah mata saat Petronas Yamaha mengontrak Fabio Quartararo untuk MotoGP 2019. Namun sebagai rookie, pembalap asal Prancis ini membalikkan banyak prediksi.

Quartararo bisa merasakan tujuh podium, enam pole position dan mengumpulkan 192 poin. Dari tujuh podium, lima di antaranya ia finis posisi kedua.

Alhasil pembalap berusia 21 tahun ini, mengakhiri MotoGP 2019 di urutan lima klasemen lebih baik dari pembalap pabrikan Yamaha, Valentino Rossi.

3 dari 6 halaman

2. Benar-benar Fokus

Selebrasi Nyeleneh Marc Marquez di MotoGP
Perbesar
Marc Marquez seolah hendak mencekik leher Fabio Quartararo (kiri) pebalap Petronas Yamaha SRT asal Prancisyang berhasil meraih posisi pertama dalam sesi kualifikasi pada GP Spanyol di Sirkuit Jerez de la Frontera. (AFP/Jorge Guerrero)

Tim pabrikan, Yamaha mengambil langkah tepat untuk mengontrak Fabio Quartararo dari tim satelit Petronas Yamaha terhitung mulai MotoGP 2021.

Yamaha bahkan mengorbankan pembalap sekaliber Valentino Rossi untuk memberikan tempat di tim pabrikan untuk Quartararo. Kini menuju MotoGP 2020, Quartararo sudah mengamankan masa depannya di tim pabrikan Yamaha.

Alhasil musim 2020, pembalap yang juara CEV Moto3 2013-2014 ini benar-benar bisa fokus ke persaingan, utamanya mengalahkan Marquez.

4 dari 6 halaman

3. Cepat Dalam Lap Tunggal

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.
Perbesar
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, berhasil meraih status rookie terbaik MotoGP 2019 setelah finis kedua di MotoGP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (20/10/2019). (AFP/Toshifumi Kitamura)

Marc Marquez dikenal pembalap yang super kompetitif saat sesi kualifikasi. Musim lalu, pembalap Repsol Honda ini bahkan meraih pole position sebanyak 10 kali.

Tapi keberadaan Quartararo membuat Marquez mulai dapat pesaing kuat saat kualifikasi. Terbukti ia jadi pole position enam kali sepanjang MotoGP 2019.

Kecepatan lap tunggal Quartararo harus diwaspadai betul oleh Marquez. Meski rekan setim Franco Morbidelli ini masih harus memperbaki performanya saat melahap banyak lap seperti lomba.

5 dari 6 halaman

4. Jam Terbang

Fabio Quartararo
Perbesar
Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, meraih pole position di MotoGP Jerez 2019. (AFP/Jorge Guerrero)

Musim lalu, Fabio Quartararo memang meraih enam pole position. Tapi tidak ada yang berhasil ia konversikan jadi kemenangan.

MotoGP 2020, tentunya jam terbang Quartararo semakin bertambah. Beberapa kali kalah duel lawan Marquez, bahkan di tikungan terakhir seperti MotoGP Thailand, merupakan pelajaran berharga.

Jika sudah pecah telur kemenangan di MotoGP, Quartararo diprediksi bakal semakin sulit dikalahkan, bahkan oleh Marquez sekalipun. Meski tentu ada satu faktor lain yang harus menyertai: Yamaha wajib memberikan motor kompetitif.

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Hendry Wibowo, Published 13/7/2020)

6 dari 6 halaman

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓