3 Pemain Top dengan Jumlah Assist Terbanyak di La Liga

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 13 Jul 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 13 Jul 2020, 13:00 WIB
Real Madrid
Perbesar
Bek Real Madrid Raphael Varane (kiri tengah) dan pemain Barcelona, Gerard Pique melompat saat berebut bola pada lanjutan pertandingan La Liga di Santiago Bernabeu, Minggu (2/3/2020). Real Madrid membungkam Barcelona 2-0 dan merebut puncak klasemen dari Barcelona . (AP/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta La Liga telah diberkahi beberapa pemain sepak bola terbesar sepanjang masa sejak bergulirpada tahun 1929. Sebagian besar legenda ini dikenang karena eksploitasi mereka dalam mencetak gol.

Tapi, seberapa baik mengenal para pemain di La Liga yang melakukan semua kerja keras dalam menemukan umpan sempurna dan mengatur peluang mencetak gol dengan assistnya?

Tentu tidak ada yang salah jika memberi terlalu banyak penghargaan kepada pencetak gol karena bagaimanapun, permainan ditentukan oleh gol.

Namun, pemain manapun dapat mengoper bola ke depan, tapi tentunya membutuhkan bakat dan visi khusus untuk mengiris pertahanan terbuka dengan operan yang tertimbang sempurna.

Dalam sembilan dekade keberadaannya, hanya ada beberapa pemain di La Liga yang punya keistimewaan dalam menciptakan assist. Menariknya, ada dua pemain yang memberikan sebanyak 20 assist dalam satu musim. Berikut ada tiga pemain top yang telah memberikan assist terbanyak dalam satu musim La Liga.

2 dari 5 halaman

Angel Di Maria

Atletico Madrid, Paris Saint-Germain, International Champions Cup 2018
Perbesar
Penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Angel Di Maria, tampak kecewa usai gagal membobol gawang Atletico Madrid pada laga ICC 2018 di Stadion Nasional Singapura, Senin (30/7/2018). PSG menang 3-2 atas Atletico Madrid. (AFP/Roslan Rahman)

Ada daftar panjang pemain Argentina yang namanya menjadi besar di La Liga. Pada awal dekade terakhir, Angel Di Maria mulai naik dalam daftar itu dengan penampilannya yang mengesankan untuk Real Madrid.

Di Maria menghabiskan empat musim di Santiago Bernabeu. Bersama Madrid ia memenangkan Liga Champions, La Liga, Copa del Rey, Supercopa de Espana dan Piala Super Eropa.

Penyerang serbaguna dengan keistimewaan kaki kirinya punya keterampilan menggiring bola yang sangat baik, kecepatan besar dan kontrol bola. Tetapi itu adalah visinya yang luar biasa yang tetap memiliki kualitas yang menentukan di klub ibu kota Spanyol.

Hanya dalam empat musim di Real Madrid, ia mencatat 50 assist di La Liga. Pengembalian terbaik Di Maria datang di musim terakhirnya bersama klub pada 2013-14, ketika ia muncul sebagai penyedia assist terbaik La Liga dengan 17 kali.

Dia kemudian akan menambah penghitungan assistnya bersama Paris Saint-Germain pada 2015-16, ketika dia mencetak 18 assist dalam musim kedua Ligue 1 yang kedua.

3 dari 5 halaman

Mesut Ozil

Pesepak Bola yang Direkrut Real Madrid Usai Tampil Apik di Piala Dunia
Perbesar
2. Mesut Ozil - Kreator terbaik usai tampil gemilang membawa Jerman berada di posisi ketiga di Piala Dunia 2010. raihan tersebut membuat klub besar eropa ingin mendapatkan anda tangan kontrak dari Ozil. (AFP/Dani Pozo)

Ada masa ketika Mesut Ozil memerintah sebagai "raja" tidak hanya di La Liga, tetapi di lima liga top Eropa. Dia mengelola dua digit angka assist lima musim berturut-turut, melakukannya antara 2008 hingga 2013; dua dari kesempatan ini bersama Werder Bremen dan tiga lainnya bersama Real Madrid.

Di klub Spanyol, Ozil mencetak 47 assist mengejutkan untuk rekan satu timnya hanya dalam tiga musim di La Liga. 20 dari assist ini datang sendirian dari Cristiano Ronaldo.

Musim 2011-12 adalah penampilan terbaik Ozil dengan jersey putih yang terkenal itu. Saat itu ia mencatat 18 assist musim itu.

Menariknya, ini bukan pencapaian tertinggi Ozil. Dia memperbaiki penghitungan itu dengan karier tertinggi 19 assist dengan Arsenal di 2015-16. Ozil adalah satu-satunya pemain yang mencapai prestasi untuk memuncaki daftar assist dalam satu musim di La Liga dan Liga Premier.

4 dari 5 halaman

Luis Figo

Luis Figo, Legenda Real Madrid Berlabel Penghianat Barcelona
Perbesar
Karier Figo terus bersinar selama lima tahun merumput di Real Madrid. Pemain gelandang ini mencetak 66 gol dan 89 assist dari 336 pertandingan dan memenangi tujuh trofi bersama Real Madrid. (AFP/Javier Soriano)

Luis Figo adalah salah satu pemain terbaik di generasinya dan mulai terkenal di Barcelona.

Pemain sayap Portugal ini menjadi bagian integral dari skuat Barcelona hingga akhir 1990-an dengan kemampuannya menciptakan peluang mencetak gol dalam situasi ketat.

Untuk penampilannya di musim 1999-00, Figo mengantongi Ballon d'Or yang didambakan pada November 2000. Namun, pada saat ia menerima kehormatan itu, ia sudah pindah ke saingan berat Barcelona, Real Madrid.

Musim terbaiknya dalam hal gol dan assist datang bersama Los Blancos di musim La Liga 2000-01. Ia mencetak sepuluh gol dan membuat 18 gol lagi untuk rekan-rekan setimnya.

Setelah menghabiskan waktu di dua klub terbesar di dunia, Figo pindah ke Serie A di mana ia menikmati kesuksesan lebih lanjut dengan Inter Milan. 

5 dari 5 halaman

Simak Video Pertandingan La Liga Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓