5 Catatan Menarik Real Madrid Usai Tundukkan Alaves: Kontroversi Rentetan Penalti Hingga Kehebatan Courtois

Oleh Yus Mei Sawitri pada 11 Jul 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 11 Jul 2020, 13:00 WIB
Tundukkan Alaves, Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen
Perbesar
Penyerang Real Madrid, Rodrygo, berusaha menyundul bola ke gawang Alaves pada laga lanjutan La Liga pekan ke-35 di Stadion Alfredo di Stefano, Sabtu (11/7/2020) dini hari WIB (AFP/Gabriel Bouys)

Madrid - Real Madridmelanjutkan laju mulus setelah sepak bola kembali selepas lockdown. El Real menambah torehan poin sempurna dengan menundukkan Alaves 2-0 pada pekan ke-35 La Liga di Stadion Alfredo Di Stefano, Sabtu (11/7/2020) dini hari WIB. 

Tambahan tiga poin itu sangat krusial bagi Real Madrid dalam pacuan juara La Liga 2019-2020. Mereka kembali menjauhi pesaing terdekat, Barcelona.

Sehari sebelumnya, Barcelona sempat menipiskan margin menjadi satu poin. Namun, Real Madrid meresponsnya dengan sempurna sehingga jarak kembali melebar menjadi empat poin. 

Gol kemenangan Real Madrid kontra Alaves masing-masing diciptakan oleh Karim Benzema dan Marco Asensio. Gol Benzema tercipta dari titik putih, sedangan gol Asensio disahkan wasit setelah melihat VAR. 

Apa saja fakta menarik yang mengiringi kemenangan Real Madridatas Alaves? Berikut lima di antaranya dilansir dari Squawka dan Marca.  

2 dari 6 halaman

1. Clean Sheet Courtois

Thibaut Courtois
Perbesar
Thibaut Courtois. (AFP/Isabella Bonotto)

Real Madrid berhasil mencatatkan clean sheet saat menundukkan Alaves 2-0 pada pekan ke-35 La Liga tersebut. Hasil itu menambah mentereng torehan sang kiper, Thibaut Courtois. 

Dalam 32 penampilan di liga, Courtois berhasil membukukan 18 clean sheet. Hebatnya, dia juga hanya kebobolan 18 gol dalam periode itu. 

Courtois unggul setidaknya tiga clean sheet dibanding para pesaingnya di lima liga top Eropa.  

 

3 dari 6 halaman

2. Penyelamatan Gemilang Courtois

Fakta menarik berikutnya masih soal Courtois. Sang kiper berhasil membukukan banyak clean sheet bukan tanpa alasan. 

Menurut catatan Squawka, Thibaut Courtois menghadapi 17 shots on target pada lima laga terakhirnya di Liga. Hebatnya, dia bisa menyelamatkan gawangnya dari 17 ancaman tersebut. 

 

4 dari 6 halaman

3. Rentetan Penalti

Karim Benzema
Perbesar
(Gabriel Buoys/AFP)

Pertandingan Real Madrid kontra Alaves kembali dihiasi dengan hadiah penalti. Kali ini, penalti untuk Real Madrid dieksekusi oleh Karim Benzema. 

Pada dua laga sebelumnya, Los Blancos juga mendapat hadiah penalti, saat melawan Getafe dan Athletic Bilbao. Dalam dua kesempatan itu Sergio Ramos maju sebagai eksekutor. Dia dengan mulus menjalankan tugasnya. 

Total, Real Madrid sudah mendapatkan empat hadiah penalti sejak lanjutan liga bergulir lagi bulan lalu. 

5 dari 6 halaman

4. Butuh 2 Kemangan Lagi

Tundukkan Alaves, Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen
Perbesar
(AFP/Gabriel Bouys)

Berkat kemenangan atas Alaves, Real Madrid mengoleksi 80 poin dari 35 pertandingan yang telah dijalani. Tim besutan Zinedine Zidane unggul empat poin atas Barcelona yang menempati posisi kedua. 

Mereka kian dekat dengan gelar juara. Real Madrid tinggal membutuhkan dua kemenangan dari tiga laga untuk menyegel trofi La Liga. 

6 dari 6 halaman

5. Bukukan 8 Kemenangan Beruntun

Tundukkan Alaves, Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen
Perbesar
(AFP/Gabriel Bouys)

Hasil kontra Alaves menegaskan superioritas Real Madrid sejak sepak bola kembali bergulir setelah lockdown. Tim Ibu Kota Spanyol itu benar-benar tak tersentuh. 

Sergio Ramos dan kawan-kawan berhasil mencatatkan delapan kemenangan beruntun sejak lockdown. Tak heran, mereka tinggal selangkah lagi memenangi La Liga. 

Sumber: Squawka, Marca 

Lanjutkan Membaca ↓