Bakal Jadi WNI, Marc Klok Mungkin Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 10 Jul 2020, 08:10 WIB
Diperbarui 10 Jul 2020, 08:10 WIB
Persija Resmi Kenalkan Marc Klok
Perbesar
Marc Anthony Klok saat diperkenalkan Persija Jakarta di Kantor Persija, Kuningan, Jakarta, Sabtu (31/1). Persija resmi memboyong Marc Klok dengan kontrak berdurasi empat musim.(Bola.com/Yoppy Renato)

Jakarta- Kabar baik datang untuk Persija Jakarta dan jugga Timnas Indonesia. Gelandang asal Belanda, Marc Klok, mengaku sebentar lagi akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Marc Klok sudah mengajukan proses untuk menjadi WNI sejak masih di PSM Makassar pada 2019. Pemain berusia 27 tahun menyebutkan proses naturalisasinya sudah berada di DPR-RI.

"Prosesnya saat ini sudah ada di DPR. Sebelum saya sah menjadi WNI, saya harus menyelesaikan administrasi di DPR," kata Klok di akun Youtube Persija.

"Setelah proses di DPR, lalu menunggu persetujuan Presiden. Lalu, saya rasa prosesnya sudah selesai dan saya resmi menjadi WNI," tegas Klok.

Saat ini, Marc Klok harus segera bisa menghapal Lagu Indonesia Raya dan Pancasila. Seperti diketahui, itu menjadi syarat akhir yang akan diuji ketika mengucap sumpah di Kementerian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Keputusan Marc Klok menjalani proses naturalisas cukup mengejutkan karena masih berusia muda. Namun, kabarnya keputusan itu diambil supaya bisa membela Timnas Indonesia.

2 dari 3 halaman

Piala AFF 2020

Pemain Berdarah Belanda yang Mewarnai Shopee Liga 1
Perbesar
6. Marc Klok (Persija) - Marc Klok diharapkan dapat bisa menjadi tulang punggung skuat Persija di Shopee Liga 1 musim ini. Namun sayang di dua laganya bersama Persija, performa gelandang 26 tahun ini masih jauh dari harapan. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Dengan Piala AFF 2020 yang bakal digelar pada pengujung tahun ini, Marc Klok punya peluang membela Timnas Indonesia. Masih ada beberapa bulan untuk merampungkan proses naturalisasi Klok.

Kehadiran Mark Klok tentu saja akan menambah kualitas lini tengah Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong jadi memiliki opsi tambahan di lini tengah untuk bisa meraih kesuksesan di Piala AFF 2020.

Apalagi turnamen tersebut menjadi tolok ukur karier Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Tentu saja, pelatih asal Korea Selatan ingin mendatangkan pemain-pemain terbaik yang ada.

Sumber: Youtube Persija

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa, Published 9/7/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓