Sukses

Kabar Gembira, Indonesia Siap Produksi Massal Vaksin Virus Corona Covid-19 Tahun Depan

Saat vaksin sudah hadir, kelompok berisiko virus corona covid-19 yang bakal diutamakan untuk mendapatkan terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bagus disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia terkait vaksin virus corona covid-19. Melalui tim komunikasi, dokter Reisa Broto Asmoro menyebut vaksin untuk virus tersebut bakal tersedia masal mulai pertengahan tahun depan.

"Indonesia juga ikutan. Negara kita tengah mengembangkan pembuatan vaksin virus corona covid-19," ujarnya dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Jakarta pada Selasa (7/7/2020).

Reisa mengatakan, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi Profesor Ali Ghufron Mukti memprediksi bahwa vaksin virus corona covid-19 lokal akan diproduksi massal dan tersedia bagi masyarakat tanah air pada pertengahan tahun 2021.

Saat vaksin sudah hadir, kelompok berisiko virus corona covid-19 yang bakal diutamakan untuk mendapatkan terlebih dahulu. "Vaksinasi akan diutamakan diberikan kepada populasi berisiko yaitu kaum lanjut usia atau dan mereka yang punya penyakit penyerta atau komorbid," kata Reisa.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerjasama dengan Korsel

Reisa mengatakan, pengembangan ini tidak dilakukan sendiri. Perusahaan vaksin Indonesia juga ada yang melakukan kerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan.

"Kita patut optimis bahwa Indonesia dapat menghasilkan vaksin COVID-19 sendiri dalam waktu secepatnya," kata Reisa.

Ia mengatakan, dari 15 tahapan yang harus dipenuhi, calon vaksin COVID-19 asal Indonesia telah berhasil melalui 8 tahapan.

Mengingat belum ditemukan vaksin untuk mencegah virus SARS-CoV-2, Reisa meminta masyarakat untuk bisa mencegah penularan COVID-19 lewat berbagai upaya yang telah disosialisasikan selama ini. Seperti menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter, memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Disadur dari: Kanal Health Liputan6.com (Penulis Giovani Dio, editor Benedikta D, published 7/7/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.