Hasil Tes Swab Pemain Persib Negatif, Protokol Kesehatan Tetap Dijalankan

Oleh Huyogo Simbolon pada 06 Jul 2020, 17:50 WIB
Diperbarui 06 Jul 2020, 17:50 WIB
Persib Bandung, Corona, COVID-19, Corona di Jawa Barat, Corona COVID-19
Perbesar
Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar memfasilitasi swab test metode PCR bagi Persib Bandung di Graha Persib, Kota Bandung, Jumat (3/7/20). (sumber foto: Humas Pemprov Jabar)

Liputan6.com, Bandung Sedikitnya 48 orang yang terdiri dari pemain, pelatih, hingga jajaran ofisial Persib Bandung telah mengikuti pemeriksaan tes swab (PCR) pada Jumat (3/7/2020). Hasilnya, seluruh perangkat tim berjuluk Maung Bandung negatif Covid-19.

“Hasil pemeriksaan tes swab PCR dari 48 orang peserta yang nantinya terlibat dalam latihan pada tahap pertama ini, semua negatif,” ujar dokter tim Persib Raffi Ghani, Senin (6/7/2020).

Raffi lebih jauh mengatakan, ada beberapa pemain Persib yang belum bergabung. Nantinya pemain tersebut akan diterapkan protokol kesehatan.

“Jadi orang yang mau latihan itu harus melewati tes PCR dulu, sampai dinyatakan negatif. Itu untuk pemain lokal,” ujarnya.

Sedangkan, untuk pemain asing Persib, protokolnya lebih ketat. “Sebelum datang ke negara kita, mereka sudah berbekal surat tes PCR dari negaranya,” ucap Raffi.

 

2 dari 3 halaman

Protokol Ketat

Persib Bandung Logo
Perbesar
Persib Bandung Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Raffi mengaku sudah menyosialisasikan protokol tersebut kepada seluruh jajaran tim. Dengan penerapan protokol ini diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19.

“Semoga ini protokol yang terbaik dan rasional yang kita buat dalam rangka semua orang mengerti esensi dibuatnya protokol tersebut,” katanya.

Selain tes PCR, Raffi mengaku sudah menyiapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam sesi latihan. Mulai dari penggunaan masker saat menuju dan meninggalkan tempat latihan, mencuci tangan, tidak menggosok wajah, hingga jaga jarak bicara.

“Sudah dibekali sama saya. Mereka juga harus melakukan pola hidup yang sehat dan makan yang seimbang. Istitahat teratur dan mengontrol tingkat stres,” ucap Raffi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video Persib di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓