Sukses

Gagal Naik Podium F1 GP Austria, Lewis Hamilton Akui Banyak Blunder

Saat babak kualifikasi F1 Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (4/7/2020), Hamilton tidak memelankan lajunya saat bendera kuning dikibarkan akibat rekan setimnya, Valtteri Bottas masuk gravel.

Liputan6.com, Spielberg - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton mengakui dirinya membuat banyak kesalahan di F1 GP Austria yang berlangsung pada Minggu (5/7/2020). Hamilton sudah membuat kesalahan sejak babak kualifikasi.

Saat babak kualifikasi F1 Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (4/7/2020), Hamilton tidak memelankan lajunya saat bendera kuning dikibarkan akibat rekan setimnya, Valtteri Bottas masuk gravel.

Alhasil, setengah jam sebelum balapan, Hamilton mendapat hukuman dari race director. Dia harus mengawali balapan dari posisi kelima, turun tiga peringkat dari hasil kualifikasi.

Saat balapan, pembalap asal Inggris itu juga membuat kesalahan. Di lap ke-61, ban depan mobil Hamilton menyenggol ban pembalap Red Bull Racing, Alexander Albon di tikungan keempat.

Senggolan itu membuat Albon tergelincir. Alhasil, race director menjatuhkan hukuman kepada Hamilton berupa penalti lima detik di F1 GP Austria.

 

 

Saksikan video Formula 1 di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gagal Naik Podium

Dengan penalti lima detik tersebut, Hamilton harus kehilangan podium yang sudah di depan mata. Sebenarnya, pada GP Austria, Hamilton sudah finis di posisi kedua.

Namun dia harus lengser ke urutan keempat dalam daftar hasil akhir F1 GP Austria. Usai balapan, Hamilton tidak mau menyalahkan orang lain atas kegagalannya.

"Tim melakukan pekerjaan yang sangat baik hari ini dan begitu juga Valtteri (Bottas). Saya melakukan semua yang saya bisa, tetapi itu hanya salah satu dari akhir pekan itu. Ada banyak area di mana saya harus lebih meningkatkan diri."

"Saya tidak melakukan pekerjaan dengan baik di kualifikasi kemarin dan hanya ada saya yang harus disalahkan," ujar Hamilton, sebagaimana dikutip dari laman resmi Mercedes.

 

3 dari 3 halaman

Kerugian

Kesalahan itu membuatnya harus kehilangan enam poin. Saat ini, Hamilton harus puas mengemas 12 poin dari seri pertama F1 2020.

"Jelas, itu adalah kerugian karena ada potensi tim tempati podium satu dan dua. Namun, saya akan mencoba untuk memulihkan diri di balapan mendatang."

"Pada akhirnya, ini bukan akhir pekan yang baik bagi saya, tetapi bisa lebih buruk. Saya akan mengambil apa yang saya dapatkan, mencoba belajar darinya, dan menjadi lebih baik di waktu berikutnya," ucap pria berusia 35 tahun itu mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.